alexametrics

Pro-Kontra Penggantian Nama Jalan Raya Menganti

7 November 2019, 17:16:09 WIB

JawaPos.com – Pemkot Surabaya berencana mengubah sejumlah nama ruas jalan tahun ini. Yang paling panjang adalah perubahan nama Jalan Raya Menganti. Sikap warga terdampak terbagi dua. Ada yang setuju. Ada juga yang menolak.

Ratusan rumah warga akan berganti alamat menjadi Jalan Kombes Pol M. Jasin. Perubahan nama jalan dimulai dari perempatan Jalan Babatan Unesa hingga pertigaan Jalan Raya Mastrip. Panjangnya 4,1 kilometer.

Retno Sugiarti, salah seorang warga terdampak, tak sepakat dengan perubahan nama jalan tersebut. Menurut dia, itu akan merepotkan warga. Dia tak mau ribet untuk mengurus perubahan berbagai administrasi setelah pindah alamat. ”Toh ya ribet ngurus KTP, KK, dan BPJS,” ujarnya.

Ada juga yang mempunyai pendapat berbeda. Hendro Budianto tidak mempermasalahkan pergantian nama. Menurut dia, pergantian tersebut dirasa perlu. Sebab, nomor rumah di Jalan Raya Menganti yang sekarang tidak berurutan. ”Kalau saya pribadi sih sepakat. Kalau harus ganti administrasi atau perizinan usaha sih, nggak masalah karena membuat izin sekarang gampang,” ujar lelaki yang membuka usaha toko plastik tersebut.

Jika diubah, dia berharap nomor rumah dibuat lebih teratur. Dengan begitu, pengusaha seperti dia akan dimudahkan. Sebab, pelanggan atau kurir tidak sulit mencari alamat yang dituju.

Kabid Tata Bangunan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Lasidi sudah memasukkan draf usulan itu ke DPRD Surabaya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : sal/and/c12/ano



Close Ads