alexametrics

KBS Rancang DED untuk Night Zoo

7 November 2019, 15:48:36 WIB

JawaPos.com – Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS) menambah konsep baru kunjungan ke pusat konservasi tersebut. Yakni, Surabaya Night Zoo. Pengunjung bisa melihat koleksi satwa saat malam.

Wisata malam di kebun binatang berusia 103 tahun tersebut kini digodok. PDTS KBS sedang merancang detail engineering design (DED). ”Kami rencanakan bisa terealisasi pada 2021,” ucap Direktur Utama PDTS KBS Chairul Anwar kemarin (6/11).

Untuk merealisasikan rencana tersebut, PDTS KBS membutuhkan banyak persiapan. Misalnya, menyiapkan koleksi yang ditampilkan. Sebab, tidak semua koleksi satwa akan dipajang dan ditampilkan. ”Tidak semua koleksi akan ditampilkan di night zoo,” ucapnya. ’’Hewan yang ditampilkan pagi tak akan diperlihatkan lagi di night zoo,’’ lanjutnya. Untuk night zoo, yang dipajang hewan nokturnal.

Di KBS, saat ini ada beberapa koleksi hewan nokturnal. Di antaranya, binturung dan burung hati. Tidak hanya soal koleksi, persiapan kandang juga akan dipikirkan. Untuk night zoo akan dibangun zona khusus. ”Butuh pagar. Butuh pencahayaan. Macam-macam. Semuanya nanti diukur dan dikonsep di DED,” ucapnya.

Selain night zoo, PDTS bersiap menyambut penambahan pintu masuk KBS di sisi selatan. Pintu tersebut dibuat untuk mempermudah pengunjung yang memarkir kendaraan di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ). Pembangunan terminal tersebut direncanakan selesai akhir tahun ini.

Humas Pemkot Surabaya Febri Febriadhitya Prajatara mengatakan belum mengetahui soal rencana pengembangan night zoo di KBS. ’’Kami akan melihat lebih dulu DED yang dirancang PDTS,’’ katanya.

Tahun depan, lanjut Febri, pemkot menyertakan anggaran Rp 10 miliar untuk KBS. Namun, dana penyertaan tersebut difokuskan pada perbaikan infrastruktur KBS dan kemudahan akses pengunjung. Salah satunya dengan pembukaan pintu selatan.

Program-Program Night Zoo:

  • Realisasi pada 2021.
  • Membuat kandang dan penerangan untuk pencahayaan.
  • Menyiapkan zona khusus satwa nokturnal.
  • Menambah jumlah koleksi satwa nokturnal.
  • Diolah dari berbagai sumber

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c7/ai



Close Ads