alexametrics

Robot Raisa Kini Dilengkapi dengan Penyemprot Disinfektan

7 Juni 2020, 07:07:50 WIB

JawaPos.com – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan penyempurnaan Robot Medical Assistant ITS-Airlangga (Raisa). Yang terbaru, asisten tenaga kesehatan (nakes) itu kini dilengkapi penyemprot disinfektan.

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari mengatakan, protokol di dalam rumah sakit dan penggunaan alat pelindung diri (APD) memiliki jangka waktu tertentu. Ketika nakes keluar ruangan, APD harus disterilkan terlebih dahulu. Hal itu bertujuan untuk mengurangi risiko terpaparnya nakes oleh virus Covid-19 yang menempel pada APD.

”Tugas tenaga kesehatan sangat banyak. Raisa dibuat untuk membantu meringankan beban nakes,” katanya.

Ashari menuturkan, Raisa versi disinfeksi tersebut dibuat atas dasar permintaan Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA). Sebelumnya, ITS membuat dua robot yang kini telah bekerja di RSUA. ”Versi terbaru juga ditugaskan untuk mensterilkan kamar pasien dan lorong-lorong rumah sakit,” ujarnya.

Salah seorang tim peneliti Raisa Rudy Dikairono mengatakan, Raisa versi ketiga itu sekilas mirip dengan versi sebelumnya. Sebelumnya, robot tersebut hanya bertugas melayani pasien. Kini robot Raisa terbaru diberi penambahan alat penyemprot disinfektan. Bahan stainless steel juga membuat Raisa tahan terhadap air.

”Kami gunakan slang dan alat penyemprot yang lebih fleksibel. Jadi, bisa menyemprot ke seluruh bagian ruangan,” ucapnya.

Rudy menuturkan, Raisa masih dikendalikan dengan remote control dari jarak jauh. Saat ini tim peneliti Raisa tengah mengembangkan sistem semiotomatis. Jadi, lantai yang akan dilewati robot ditempeli sensor. Dengan demikian, asisten nakes itu dapat berjalan otomatis ke kamar pasien sesuai dengan lintasan yang telah dilengkapi sensor.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ayu/c6/dio



Close Ads