alexametrics

Sepi Penumpang di Purabaya, Bus Pilih Putar Balik ke Garasi

7 Mei 2021, 16:02:41 WIB

JawaPos.com – Suasana Terminal Purabaya tampak sunyi Kamis (6/5). Hanya segilintir penumpang yang datang mencari bus yang parkir di terminal keberangkatan. Informasi yang menyebar luas bahwa terminal tutup menjadi penyebab penumpang tidak berani datang.

Hartono, 32, selonjoran di bagasi bus kemarin. Sopir bus jurusan Surabaya–Malang itu terkantuk menunggu penumpang datang. ”Sudah sejam lalu ngetem, baru empat orang yang naik,” katanya.

Sepinya penumpang, menurut Hartono, disebabkan kebijakan yang tumpang-tindih. Masyarakat telanjur percaya bahwa terminal ditutup selama larangan mudik 6–17 Mei. Padahal, layanan bus di terminal tetap dibuka hingga kemarin. Meski, pelayanan terbatas. Warga tetap boleh naik dengan kepentingan di luar mudik.

Dia berharap pemerintah memperhatikan nasib pekerja angkutan. Larangan operasional seharusnya dicabut dan diganti saja dengan aturan prokes ketat. Semua armada pasti bisa menjalankannya. ”Kalau begini, susah semua,” keluhnya.

Agus, mandor bus Surabaya–Jogjakarta, mengeluhkan hal serupa. Sepinya penumpang membuat bus harus balik garasi dan tidak jadi mengaspal. Mereka khawatir merugi. Biaya operasional tidak sebanding dengan pemasukan. ”Ini saja sudah lebih dari lima bus yang balik. Penumpang dialihkan dan rupanya ini akan balik semua,” ungkapnya.

Selang 15 menit, setelah menunggu hampir tiga jam, pernyataan Agus pun terbukti. Penumpang tidak bertambah. Mereka yang sudah berada di dalam bus diminta turun. Sambil mengatupkan kedua tangan, Agus meminta maaf kepada seluruh penumpang. ”Maaf ya, Pak. Ndak jadi berangkat,” ucapnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c14/ai

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads