alexametrics

Organda Jawa Timur Desak Adanya Fasilitas GeNose di Terminal

7 April 2021, 18:43:08 WIB

JawaPos.com – Organisasi Angkutan Darat (Organda) Jatim meminta pemprov dan dinas perhubungan (dishub) memfasilitasi layanan GeNose di terminal. Tujuannya, penumpang mendapatkan kenyamanan dan keamanan ketika memilih bus sebagai sarana transportasi.

Wakil Ketua DPD Organda Jatim Firmansyah Mustafa mengatakan, layanan GeNose sudah seharusnya ada di terminal-terminal. Layanan itu wajib diberikan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. ”Sudah seharusnya ada GeNose,” katanya.

Desakan Organda itu bukan tanpa alasan. Sudah banyak moda transportasi lain yang menyediakan GeNose untuk mengetahui kondisi calon penumpang. Misalnya, di stasiun dan bandara.

Adanya fasilitas GeNose di terminal sangat penting. Selain memastikan seluruh penumpang dalam kondisi sehat, adanya layanan itu akan mengerek jumlah penumpang yang datang dan naik bus.

Dengan peningkatan keamanan, orang akan berani bepergian dengan bus. Jaminan itu secara tidak langsung membuat jumlah penumpang makin banyak karena tumbuhnya sikap kepercayaan terhadap moda transportasi. ”Buktinya bisa dilihat. Penumpang kereta api meningkat setelah ada GeNose,” jelasnya.

Disinggung soal keberatan calon penumpang bus, Firmansyah memprediksi hal itu tidak akan terjadi jika pembayaran GeNose di terminal disamakan dengan yang ada di stasiun. ”Masyarakat yang sadar akan kondisi kesehatan juga makin tinggi kok,” tuturnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c7/ai




Close Ads