alexametrics

Pemkot Yakin saat Lebaran Surabaya Sudah PPKM Level 1

7 Maret 2022, 09:57:11 WIB

JawaPos.com- Kasus korona di Kota Pahlawan Surabaya terus menunjukkan tren pelandaian. Pada pertengahan Februari lalu, kasus aktif atau warga yang terpapar Covid-19 sebanyak 5.694 orang. Kini, per 6 Maret, jumlahnya tinggal menjadi 3.453 orang.

Pada masa perpanjangan PPKM Jawa-Bali periode 1-7 Maret, sesuai Inmendagri wilayah aglomerasi Surabaya Raya masih berada di level 3. Kendati demikian, melihat tren dalam beberapa pekan terakhir, pemkot memprediksi level PPKM di Surabaya akan turun pada akhir bulan ini.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkot Surabaya Ridwan Mubarun menyampaikan, kondisi Surabaya memang berangsur membaik. Bukti itu terlihat dari jumlah kasus harian. Beberapa hari lalu, pihaknya mencatat sekitar 1.000 kasus baru korona per hari. ”Namun, pasien yang sembuh juga lebih dari 1.000 orang,” terangnya.

Melihat status konfirmasi positif dan mulai turunnya angka Covid-19, Ridwan optimistis akhir bulan level PPKM Surabaya berubah. Turun dari PPKM level 3 menjadi PPKM level 2 mengacu Inmendagri. ”Bahkan, insya Allah statusnya bisa PPKM level 1 pada Lebaran nanti,” tutur mantan camat Tambaksari tersebut.

Pemkot pun tidak henti-henti imbauan agar warga terus patuh pada protokol kesehatan. Operasi penegakan aturan juga terus dilaksanakan. Vaksinasi booster juga terus digenjot.

Sementara itu, epidemiolog Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Windhu Purnomo menyampaikan, Surabaya masih punya PR yang harus diselesaikan untuk bisa turun level. Yaitu, menurunkan kasus positif hingga di bawah 5 persen. Saat ini persentase kasus positif di metropolis masih berada di atas 15 persen.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : eza/c7/aph

Saksikan video menarik berikut ini: