alexametrics

Fakultas Kedokteran Unair Tambah Rumah Sakit Jejaring

7 Maret 2022, 19:42:57 WIB

JawaPos.com- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan serta lulusan dokter dan spesialis dokter. Salah satunya dengan memperluas kerja sama rumah sakit (RS) jejaring FK Unair dan RSUD dr Soetomo (RSDS) sebagai rumah sakit pendidikan. Kerja sama itu dilakukan dengan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kendangsari dan Kendangsari MERR.

Dekan FK Unair Prof dr Budi Santoso SpOG (K) mengatakan, kerja sama tersebut lebih berorientasi pada lulusan FK Unair ke depan, baik dokter, dokter spesialis, maupun jenjang lain di FK Unair, agar dapat memiliki kompetensi yang telah disyaratkan. Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara FK Unair dan dua RSIA di Surabaya Timur itu dilakukan kemarin (6/3).

’’Pola kerja sama seperti ini mungkin terjalin sejak lama antarbeberapa prodi. Sekarang kami legalkan atau formalkan lewat penandatanganan MoU,’’ jelasnya.

Ke depan, peserta program pendidikan dokter spesialis (PPDS) dan dokter muda tidak berjalan sendiri. Cara belajar mereka juga tidak terbatas di RS pendidikan FK Unair. Yakni, di RSUD dr Soetomo dan Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA). Namun, para PPDS bisa mengikuti supervisor masing-masing yang bertugas di sejumlah RS jejaring.

’’Konsep ini sebenarnya sudah ada di bawah academic health system (AHS). Yakni, kewajiban bersama untuk menciptakan lulusan dokter maupun dokter spesialis sesuai kebutuhan masyarakat,’’ ujar Budi.

Program kerja sama dengan RS jejaring itu juga didukung Direktur Utama (Dirut) RSUD dr Soetomo dr Joni Wahyuhadi SpBS (K). Saat ini, kerja sama dengan dua RSIA tersebut dikhususkan untuk pendidikan obstetri dan ginekologi (ob-gyn). Namun, ke depan, kerja sama akan diperluas untuk pendidikan di setiap prodi FK Unair.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ayu/c18/ai

Saksikan video menarik berikut ini: