alexametrics

Cerita Fia, Dosen Unesa Jadi Volunteer Bantu Pengungsi di Polandia

7 Maret 2022, 16:42:43 WIB

JawaPos.com–Khofidotur Rofiah tidak pernah menyangka akan menjadi relawan untuk membantu warga Ukraina. Usai konflik antara Rusia dan Ukraina pecah pada 24 Februari, jutaan penduduk Ukraina mengungsi ke berbagai negara perbatasan, salah satunya ke Polandia.

Saat ini, Fia, sapaan akrab Khofidotur Rofiah, dosen Pendidikan Luar Biasa (PLB) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) itu tengah menempuh program doktor di Department Pedagogical University of Cracow, Polandia. Dia pun mengabdikan diri sebagai volunteer.

”Alhamdulilah saya dapat kesempatan untuk membantu mengumpulkan, menyeleksi, mengemas, dan menyalurkan, berbagai kebutuhan pokok kepada para pengungsi,” ujar Khofidotur Rofiah pada Senin (7/3).

Agence France-Presse (AFP) menyebut Kementerian Dalam Negeri Polandia melaporkan sekitar 500 ribu penduduk negara yang dijuluki Keranjang Roti Eropa itu menyelamatkan diri ke Polandia.

Fia turut membantu menyambut pengungsi yang masuk ke posko penerimaan yang disediakan Pemerintah Polandia. Posko itu juga menyediakan kebutuhan pokok.

Sejak gelombang pengungsi berdatangan ke Polandia, secara cepat melalui media sosial warga di sana mengumpulkan semua kebutuhan pokok mulai dari makanan, pakaian, selimut, perlengkapan mandi, mainan anak-anak, obat-obatan, dan lain sebagainya untuk disalurkan kepada pengungsi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: