Wapres Ma’ruf Amin: Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia pada 2045

7 Februari 2023, 14:05:39 WIB

JawaPos.com – Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menargetkan, pada 2045 Indonesia bisa menjadi poros maritim dunia. Karena itu, TNI-AL memiliki peran penting di dalamnya.

Untuk mewujudkannya, pengembangan kualitas sumber daya manusia harus terus dimaksimalkan. Salah satunya, memahami perkembangan militer. Baik di tingkat nasional maupun global.

Untuk itu, seluruh prajurit dituntut harus bisa menguasai teknologi canggih pada alutsista yang terus berkembang saat ini. Kemudian, menjalankan tugas secara maksimal dengan menjaga integritas di semua jenjang penugasan. Yang tak kalah penting, seluruh prajurit harus bersikap rendah hati, tawadu, dekat dengan rakyat, dan bersikap hidup sederhana.

’’Visi poros maritim dunia merupakan suatu visi geopolitik sebagai penegasan manifestasi tujuan nasional. Sekaligus momentum dalam menerapkan strategi pembangunan nasional berbasis kemaritiman,’’ kata Ma’ruf Amin saat mengisi kuliah umum kepada taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Senin (6/1).

Kuliah umum yang digelar di Gedung Salahutu, AAL, itu bertajuk Masa Depan Bangsa Ditentukan Kesiapan Militer yang Dilandasi Keimanan. Selain para taruna AAL, kegiatan tersebut dihadiri beberapa pejabat penting lainnya.

Yaitu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Denih Hendrata, dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Emil Dardak. Pemberian materi berlangsung selama 20 menit.

Ma’ruf mengatakan, transformasi besar dunia ditandai oleh kebangkitan negara-negara di Benua Asia. Yakni, pusat gravitasi geoekonomi dan geopolitik dunia sedang bergeser dari poros Atlantik ke Asia-Pasifik.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ian/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads