Kemenkes Beli 20 Juta Vaksin Inavac Unair

7 Februari 2023, 21:22:05 WIB

JawaPos.com- Vaksin Inavac mulai didistribusikan ke masyarakat. Tahun lalu vaksin buatan Universitas Airlangga (Unair)-PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia itu telah diproduksi 5 juta dosis.

”Distribusinya dilakukan Kemenkes. Ke Jawa Timur, Papua, Aceh, dan lain-lain,” kata Rektor Unair Prof Mohammad Nasih kemarin (6/2).

Mekanisme pendistribusian vaksin Inavac harus sesuai dengan mekanisme di Kemenkes. Kemudian didistribusikan ke provinsi, baru ke rumah sakit hingga puskesmas-puskesmas.

Tahun ini, lanjut Nasih, ada pembelian lagi dari Kemenkes 20 juta dosis vaksin Inavac. Saat ini PT Biotis telah memproduksi kebutuhan vaksin tersebut sesuai permintaan Kemenkes.

Nasih menambahkan, uji klinis vaksin Inavac untuk anak baru dimulai. Saat ini protokol baru untuk uji klinis terhadap anak telah diusulkan. Sebab, ada beberapa hal yang sedikit berbeda dengan uji klinis sebelumnya. Jadi, harus disiapkan lebih baik.

”Kami sekarang fokus yang telah tuntas dikerjakan dan diproduksi. Sementara vaksin anak dan remaja adalah bonus. Namun, protokol untuk uji klinis sudah disiapkan semuanya,” jelasnya.

Sementara itu, Unair juga memberikan penghargaan kepada beberapa pihak yang mendukung atas terciptanya vaksin Inavac beberapa hari lalu. Di antaranya, gubernur Jawa Timur, wali kota Malang, bupati Jember, RSUD dr Soetomo, RSUD dr Saiful Anwar Malang, RS Universitas Airlangga, RS Paru Jember, dan RS dr Soebandi Jember.

”Inavac tidak hanya ditelurkan para peneliti dan ahli, tetapi banyak peran masyarakat di dalamnya. Masyarakat yang mendukung hingga bersedia menjadi objek penelitian vaksin,” ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ayu/c19/ai

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads