alexametrics

Stok Langka, Oknum Karyawan PT Wilmar Garong 150 Dus Minyak Goreng

7 Februari 2022, 10:28:31 WIB

JawaPos.com- Sejauh ini, minyak goreng di pasaran masih relatif langka. Di beberapa penjual gelap, harganya juga masih di atas harga eceran tertinggi (HET). Kondisi itu ternyata memicu niat jahat tiga sekawan untuk mencuri atau menggarong minyak goreng. Yakni, Harlex, 37; Joko Utomo, 38; dan Oktavianus, 30.

Komplotan mereka itu mengambil jalan pintas dengan mencuri dari PT WNI (Wilmar Nabati Indonesia) yang berlokasi di Gresik. Perusahaan tersebut tak lain adalah tempat Harlex bekerja.

Kapolsek Asemrowo Kompol Hari Kurniawan menceritakan, Harlex merupakan otak aksi pencurian minyak goreng tersebut. Pencurian bermula ketika Harlex ditugasi untuk mengirim 150 dus minyak goreng ke salah satu konsumen. Melihat harga minyak goreng yang sedang melambung tinggi dan langka, Harlex tergiur mendapatkan keuntungan besar.

Harlex mempunyai ide untuk mencuri minyak goreng. Untuk melancarkan aksinya, Harlex pun menghubungi Joko. Dalam komunikasi, Harlex meminta Joko untuk mencari pembeli dalam partai besar. Yaitu, berani membeli minyak sebanyak ribuan bungkus sekaligus.

Joko menghubungi Oktavianus. Calon pembeli pun didapat. Rabu (2/2) sekitar pukul 18.00, Joko meminta Harlex untuk mengirim barang ke Jalan Dumar Industri. Joko memberitahukan bahwa ketika berada di lokasi, Harlex akan bertemu pembeli berinisial I. Bergegas Harlex menuju lokasi yang dimaksud.

Transaksi pun dilakukan. Sebanyak 150 dus minyak berukuran 1 liter dan 5 liter berhasil dijual. Totalnya 1.800 bungkus. Dari penjualan itu, puluhan juta rupiah berhasil dikantongi. ’’Dari hasil penjualan, setiap pelaku bisa dapat Rp 8 juta‒Rp 10 juta,’’ kata Hari kemarin (6/2).

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ian/c7/ady

Saksikan video menarik berikut ini: