alexametrics

Gubernur Jatim Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng Rp 12.000 Per Liter

7 Januari 2022, 17:14:41 WIB

JawaPos.com– Di tengah harga minyak goreng yang masih tinggi, yakni kisaran Rp 20 ribu per liter, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menggelar operasi pasar bertempat di TK Al Ahmad, Jalan Yos Sudarso, Sidoarjo, kemarin (6/1). Sebanyak 1.200 liter minyak goreng dijual dengan harga Rp 12 ribu per liter.

Khofifah menyebutkan bahwa Pemprov Jatim menggelar operasi pasar sejak 17 Desember lalu. Total ada 73 ribu liter minyak goreng yang sudah terjual dalam operasi pasar. ’’Biasanya kami jual Rp 14.000, khusus hari ini harganya menjadi Rp 12.000, karena kami subsidi lagi Rp 2.000,’’ kata Khofifah.

Dalam kesempatan itu, Khofifah menyebutkan bahwa harga minyak tinggi karena memang bahan bakunya atau harga crude palm oil (CPO) naik. Namun, sudah ada upaya dari pemerintah pusat untuk mensubsidi harga minyak. Subsidi bakal berlangsung sampai Mei mendatang. ’’Semoga minggu depan mulai subsidinya, harga minyak akan dijual Rp 14 ribu per liter,’’ katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Sidoarjo M. Tjarda menyebutkan, upaya Sidoarjo untuk menstabilkan harga minyak juga terus dilakukan. Sudah tiga kali operasi pasar minyak murah dilakukan di Sidoarjo.

’’Dalam waktu dekat, kami menggelar operasi pasar lagi. Kami siapkan 1.000 liter dulu sementara,’’ katanya.

Sembari menunggu harga minyak di pasaran disubsidi pemerintah pusat. ’’Nanti kalau sudah disubsidi, berlaku harga yang Rp 14 ribu. Kami juga akan tinjau terus di lapangan agar tidak ada yang menaikkan sesuka hati,’’ ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c12/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads