UMK Mau Naik, tapi Harga Sejumlah Bapok Sudah Melejit

6 Desember 2022, 22:04:18 WIB

JawaPos.com- Upah minimum kabupaten (UMK) 2023 direncanakan naik. Tapi, menteri tenaga kerja sudah memberikan rambu-rambu kenaikan UMK tidak boleh lebih dari 10 persen. Pengumuman UMK itu paling lambat pada Selasa (7/12).

Kenaikan UMK belum diumumkan, eh harga berbagai bahan pokok (bapok) di pasar tradisional Surabaya Raya sudah naik dalam dua pekan terakhir. Mulai telur, cabai rawit hingga tomat.  Harga cabai rawit, misalnya. Beberapa hari terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan.

Dari pantauan Jawa Pos di Pasar Pabean kemarin (5/12), harga cabai mencapai Rp 35 ribu per kilogram. Harga tersebut jauh lebih tinggi jika dibandingkan bulan lalu yang masih Rp 25 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang cabai Pasar Pabean Nur Fatimah mengatakan bahwa kenaikan harga itu berdampak pada omzet penjualannya. Sebelum naik, dalam sehari dia bisa menjual cabai hingga 7 kuintal. Namun, sejak harga naik, sehari dia hanya menjual 4 kuintal. ’’Kondisi ini sudah berlangsung beberapa hari ke belakang,’’ terangnya.

Mayoritas cabai di Pasar Pabean berasal dari Probolinggo. Fatimah mengatakan, curah hujan yang mulai meningkat membuat jumlah panen menurun sehingga berdampak pada produksi di tingkat petani.

Secara terpisah, Kabid Distribusi Perdagangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (Dinkopdag) Surabaya Risdiana Kusumawati mengatakan bila ada bahan pokok yang kosong, langsung bisa diambilkan dari daerah dengan harga produsen. ’’Jadi, saling support antardaerah untuk mencegah inflasi,’’ terangnya.

Sementara itu, komoditas lain juga mulai naik. Sebut saja tomat yang juga naik drastis. Sebelumnya hanya sekitar Rp 8 ribu, belakangan menembus hingga Rp24 ribu per kilogram. “Beli tomat tiga biji, harganya kini Rp 3.000. Padahal, pas lagi murah Rp 6.000 dapat sekilo,’’ ujar seorang warga.

Komoditas bawang merah juga naik. Kenaikannya sekitar Rp 5.000 per kilogram. Kini, satu kilogram bawang merah menjadi Rp30.000 sampai Rp 35.000. Demikian juga telur. Dalam beberapa hari terakhir kembali menyentuh angka Rp 30.000 per kilogram.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ata/c7/ady

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads