alexametrics

Jelang Satu Abad, NU Jatim Target Miliki 100 Rumah Sakit

6 Desember 2021, 07:09:49 WIB

JawaPos.com- Usia jamiyah Nahdlatul Ulama (NU) genap satu abad pada 2026 mendatang. Menyongsong masa 100 tahun itu, PWNU Jatim sudah menyusun lima gerakan. Salah satu di antaranya pembagunan 100 rumah sakit (RS) atau fasilitas kesehatan (faskes) yang tersebar di Jatim.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua PWNU Jatim Dr H. Ma’ruf Syah ketika menghadiri pembukaan konferensi cabang PCNU Gresik di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ihsan, Menganti, Minggu (5/12). ‘’Kita sudah mulai dari Banyuwangi, Pacitan, dan lainnya. Termasuk insya Allah Gresik,’’ ujarnya.

Advokat senior itu mengungkapkan, pihaknya sudah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak tentang pembangunan RS di Gresik tersebut. Rencananya, RS itu akan dibangun di wilayah selatan. Namun, catatannya harus langsung memakai nama RSNU. Bukan dengan nama lain. ‘’Nggak usah tanggung-tanggung. Bupatinya NU. Apalagi wakil bupatinya,’’ katanya.

Dia juga mendengar nanti Pemkab Gresik juga akan mendirikan RSUD baru di Gresik selatan. Ma’ruf menyebut hal itu tidak ada masalah. ‘’Bersaing memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Nanti kira-kira mana yang lebih berkualitas. Nah, ini menjadi tugas ketua PCNU Gresik terpilih,’’ tegasnya.

Di hadapan ribuan peserta dan undangan Konfercab, Ma’ruf juga menyatakan RSI Nyai Ageng Pinatih Gresik juga sudah menjadi milik PCNU Gresik. ‘’Soal strukturnya bagaimana dan seperti apa, akan diatur. Insya Allah aman. Kebetulan saya ada di situ, jadi pengurusnya,’’ ungkap tokoh asal Kedamean, Gresik, itu.

Gerakan menyongsong satu abad NU lainnya adalah pendataan anggota dan penataan aset. Dia menegaskan, gerakan itu harus tuntas sebelum umur NU satu abad. ‘’Gerakan pendataan anggota dan penataan aset tersebut harga mati. Sudah tidak ada konflik semua. Aset NU di Jatim kalau ditata, maka jumlahnya lebih besar dari Singapura,’’ katanya.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads