alexametrics

Hasil Paper Test, Bandara Juanda Tidak Terganggu Erupsi Semeru

6 Desember 2021, 22:00:56 WIB

JawaPos.com- Pascaerupsi Semeru Sabtu (4/12) lalu, Bandara Internasional Juanda, dipastikan berjalan normal. Hal tersebut sesuai dengan hasil paper test. Hingga kemarin (5/12), tidak ada jadwal penerbangan pesawat yang ditunda. Meski begitu, koordinasi dengan semua stakeholder terus dilakukan. Khususnya antisipasi jika terjadi cuaca buruk.

Stakeholder Relation Manager Bandara Juanda Yuristo Ardhi H. mengatakan, pascaerupsi Semeru, tim langsung melakukan pemantauan di area bandara. Khususnya di runway. Sabtu malam paper test dilakukan untuk melihat ada tidaknya debu vulkanis di bandara. ’’Hasilnya nihil,’’ katanya Minggu siang.

Menurut Yusrito, aktivitas pergerakan pesawat di Bandara Juanda tetap normal. Termasuk ketika Semeru erupsi pada Sabtu. Debu vulkanis tidak mengganggu penerbangan dan tidak mengarah ke bandara. Dengan begitu, semuanya masih aman dan lancar.

Penerbangan rute Denpasar‒Surabaya dan sebaliknya yang dikhawatirkan terdampak juga tidak terjadi. Jadwal terbang masih aman. Kendati demikian, pantauan di lokasi terus dilakukan.

’’Termasuk berkoordinasi dengan semua stakeholder. Sehingga jika terjadi sesuatu, semuanya sudah siap,’’ lanjutnya.

Bandara Juanda juga siap menerima penerbangan dari bandara lain apabila terjadi cuaca buruk di bandara tujuan. Sebab, jika curah hujan tinggi, jarak pandang visual akan berkurang. Begitu pun jika berkabut maupun ada erupsi gunung.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : omy/c7/ai

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads