alexametrics

Di Sidoarjo, Setiap Hari Kenaikan Harga Cabai Rp 7.000

6 Desember 2021, 22:10:04 WIB

JawaPos.com- Menjelang Natal dan tahun baru (Nataru), sejumlah harga bahan pangan meningkat. Salah satu harga yang melambung tinggi adalah cabai rawit. Di sejumlah pasar di Sidoarjo, Minggu (5/12) harga cabai rata-rata mencapai Rp 60 ribu per kilogram.

Harga tersebut naik lebih tinggi lagi pada pedagang kecil atau eceran. Misalnya, pedagang kelontong dan keliling. Yakni, Rp 65 ribu per kilogram. Bahkan lebih dari jumlah itu untuk cabai yang benar-benar bagus. Tidak tercampur cabai yang kualitasnya kurang bagus.

’’Setiap hari kenaikan harga cabai bisa mencapai Rp 7 ribu,’’ kata Nur Ikhwan, salah seorang pedagang.

Kenaikan harga itu secara otomatis berpengaruh pada daya beli masyarakat. ’’Sekarang harga cabai rawit sudah tiga kali lipat dari harga dulu,’’ kata Ketua Himpunan Pedagang Pasar (HPP) Larangan Suhadak Ismail.

Menurut dia, salah satu faktor yang membuat harga cabai rawit tinggi adalah cuaca. Curah hujan tinggi membuat cabai lebih mudah membusuk. ’’Distribusi yang kadang mengalami kendala juga memengaruhi naiknya harga,’’ ujarnya.

Ketua Komisi B DPRD Sidoarjo Bambang Pujianto menyatakan, pihaknya bakal berkoordinasi dengan dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) untuk melihat harga kebutuhan pokok di pasar yang mengalami kenaikan. Sekaligus berupaya mencari solusi agar barang kebutuhan pokok tidak melambung tinggi lagi. 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : may/c7/any

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads