alexametrics

Tempat Uji Kir di Gresik Bakal Pindah ke Jalan Raya Cerme

6 Oktober 2021, 17:00:45 WIB

JawaPos.com- Progres pembangunan gedung baru uji kir di Jalan Raya Cerme, Gresik, sudah terlihat. Kemarin (5/10) siang, pengerjaan gedung senilai Rp 10 miliar itu terus berjalan. Harapannya, akhir tahun nanti gedung sudah selesai dan berfungsi.

Dari pantauan Jawa Pos, tiang-tiang bangunan gedung itu sudah berdiri. Wujudnya pun sudah tampak. Namun, tembok-temboknya belum terpasang. Tiangnya pun masih terlihat cokelat semen. Di pintu masuk, juga terlihat aktivitas truk keluar-masuk proyek.

Memang, Pemkab Gresik harus menyelesaikan pengerjaan gedung uji kir tahun ini. Apabila tahun depan belum juga memiliki gedung uji kir, Pemkab Gresik terancam kehilangan pendapatan dari sektor tersebut. Tak tanggung-tanggung, setiap tahun uji kir selalu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 2 miliar.

Sejak 2019, Pemkab Gresik menumpang tempat uji kir di aset milik Pemprov Jatim di Jalan dr Wahidin Sudirohusodo. Namun, oleh Pemprov Jatim, gedung itu kini dijadikan kantor samsat bersama. Saat ini pun pelayanan di samsat tersebut sudah berjalan, tetapi pelayanan uji kir masih menumpang di sana.

Karena belum memiliki gedung baru, Pemkab Gresik mendapat dispensasi dari Pemprov Jatim. Saat itu diberikan estimasi waktu sampai akhir 2020 untuk beres-beres pindahan. Namun, rencana pembangunan gedung uji kir baru tersebut gagal karena refocusing anggaran dampak pandemi Covid-19. Akhirnya, keringanan itu pun kembali diperpanjang hingga 2021. Apabila gedung baru uji kir belum selesai, pemkab bakal tidak memiliki tempat uji kir.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Gresik Tursilowanto Hariogi menyatakan, pihaknya sudah bertemu dengan kontraktor proyek pembangunan gedung uji kir di Jalan Raya Cerme tersebut. Jika dilihat progresnya, November nanti alat uji kir sudah bisa diboyong ke gedung baru. ’’Pemindahan alat ini memakan waktu satu bulan. Katanya, gedung bagian depan untuk tempat alat ini dikebut selesai November,’’ ucapnya.

 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini: