Polisi Buru Bandar Sabu-Sabu Jaringan Malaysia-Bangkalan

6 Juli 2022, 12:14:12 WIB

JawaPos.com- Penyelidikan kasus narkotika sabu-sabu (SS) jaringan Malaysia-Bangkalan terus berlanjut. Setelah menangkap dua kurir, Zainul Arifin dan Kurnianto, Satresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak mencari pelaku lainnya. Yakni, seorang pria yang disapa Juragan dan satu lagi Solikin yang memiliki peran berbeda.

Berdasar keterangan yang didapat dari Zainul dan Kurnianto, Juragan berperan sebagai bandar. Sementara itu, Solikin bertugas merekrut kurir. Keduanya berada di lokasi berbeda. Solikin berada di Lumajang, sedangkan Juragan diketahui berada di luar Pulau Jawa.

Kasatresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Hendro Utaryo menyatakan, keberadaan Juragan tengah diselidiki. Semua transaksi dikendalikannya melalui komunikasi dari handphone.

Kurir (Zainul dan Kurnianto) tinggal menunggu perintah dari Juragan. Mulai titik pengambilan, bertemu dengan siapa, hingga lokasi pengiriman barang. Untuk mengelabui kecurigaan petugas, mereka kerap memanfaatkan lokasi keramaian.

’’Ada tiga pelaku dalam DPO (daftar pencarian orang, Red). Yakni, Juragan, Solikin, dan pria tua yang memberikan SS ke Zainul dan Kurnianto di sekitar jalan depan RSUD Kabupaten Bangkalan,’’ kata Hendro kemarin (5/7).

Berbeda dengan Solikin. Dia bertugas merekrut kurir. Pekerja lepas serta kerabat dekat Solikin menjadi target perekrutannya. Sebagaimana Zainul dan Kurnianto. Sebelum menjadi kurir, mereka adalah petani. Iming-iming upah yang cukup besar membuat Zainul dan Kurnianto terlena.

Setiap kali pengiriman, mereka diberi upah sebesar Rp 5 juta. Dari pengakuan mereka, SS dikirim ke wilayah Pandaan, Pasuruan, dan Malang. Hendro menjelaskan, jika dinominalkan, 3 kg SS bernilai sebesar Rp 3 miliar. Saat ini pengembangan kasus tengah dilakukan. Pemburuan terhadap pelaku lain terus berjalan.

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, Zainul dan Kurnianto ditangkap di Jalan M. Noer atau biasa dikenal Jalan Kedung Cowek pada Kamis (30/6) siang. SS sebanyak 3 kg di dalam kemasan teh dan sebuah mobil Terios hitam diamankan petugas.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ian/c12/ady

Saksikan video menarik berikut ini: