alexametrics

Peserta KIP Kuliah Bisa Daftar Jalur Mandiri Unair

6 Juli 2022, 22:13:38 WIB

JawaPos.com- Pendaftaran jalur mandiri reguler Universitas Airlangga (Unair) masih berlangsung. Di jalur terakhir masuk kampus ternama tersebut, juga terbuka kesempatan bagi pemegang kartu Indonesia pintar (KIP) kuliah. Total ada 17 program studi (prodi) yang bisa dipilih peserta KIP kuliah.

Kepala Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Achmad Solihin mengatakan, untuk jalur mandiri Unair ada tiga skema. Yakni, jalur mandiri ujian tulis berbasis komputer (UTBK), jalur mandiri kemitraan, dan jalur mandiri reguler. ’’Jalur mandiri UTBK sudah diumumkan. Total ada 1.347 orang yang sudah lolos jalur mandiri UTBK,” katanya kepada Jawa Pos kemarin.

Sementara itu, pendaftaran jalur mandiri kemitraan saat ini sudah ditutup. Total ada 594 orang yang telah mendaftar. Mereka akan mengikuti tes yang diselenggarakan internal Unair pada 11 Juli.

’’Jalur kemitraan ini tidak menggunakan nilai UTBK. Namun, harus mengikuti tes lagi yang digelar Unair. Jika nilainya memenuhi syarat, mereka lolos,” ujarnya.

Tes masuk jalur mandiri kemitraan meliputi tes kompetensi akademik (TKA) dan tes potensi skolastik (TPS). Materinya hampir sama dengan UTBK. Pada jalur tersebut, Unair memiliki patokan nilai rata-rata minimal di setiap prodi. ’’Passing grade masuk Unair hampir mirip dengan nilai rerata UTBK Unair sekitar 625,” katanya.

Selain jalur mandiri UTBK dan kemitraan, lanjut dia, saat ini Unair membuka pendaftaran jalur reguler yang dimulai 1 Juli dan akan ditutup 22 Juli. Targetnya, jumlah pendaftar jalur mandiri reguler tahun ini mencapai 5.000–6.000 peserta.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ayu/c7/ai

Saksikan video menarik berikut ini: