alexametrics

Pemkab Gresik Siap Hibahkan Lahan 3.000 M2 untuk Kampus Vokasi Unair

6 Juli 2022, 18:54:21 WIB

JawaPos.com- Progres pemindahan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair) ke Gresik terus berlanjut. Terkini, pihak Unair sedang mempersiapkan berkas-berkas untuk menerima hibah tanah dari Pemkab Gresik. Jika tanpa kendala, bulan ini tanah tersebut sudah bersertifikat hak milik Unair.

Lahan yang dihibahkan Pemkab Gresik ke Unair itu seluas 3.000 meter persegi (m2). Lokasinya di Jalan dr Wahidin Sudirohusodo atau sebelah Mapolres Gresik. Pihak Unair pun sudah rampung menyiapkan maket gedung yang bakal dijadikan kampus vokasi tersebut.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik Asep Heri menyatakan, akhir bulan kemarin pihak Unair sudah berbicara mengenai hibah tanah tersebut. Saat ini, Unair mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan sebelum mengajukan permohonan untuk proses hibah tanah.

Asep menyebutkan, apabila berjalan lancar, proses tersebut tidak memakan banyak waktu. Diperkirakan bisa selesai pada Juli ini. ’’Jika persyaratan lengkap, sertifikat bisa terbit bulan ini,” ucapnya.

Asep mengaku, pihaknya akan mendukung prosesi hibah tanah dari Pemkab Gresik ke Unair itu. Sebab, hal tersebut menyangkut pengembangan pendidikan di Gresik ke depan. ’’Kami fasilitasi secara penuh, bahkan kemarin sempat konsultasi dan kami dampingi terus,” imbuhnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Vokasi Unair Prof Anwar Ma’ruf menyatakan, pembangunan tower itu diperkirakan membutuhkan anggaran Rp 156 miliar. Dana sebesar itu untuk membangun gedung setinggi sembilan lantai. Sisi kanan dan kirinya ada gedung lain masing-masing memiliki empat lantai. ’’Insya Allah, kalau lancar, tahun depan sudah mulai dibangun. Nanti semua vokasi pindah ke Gresik,” ucapnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini: