alexametrics

Pasutri Asal Jombang Gelapkan Mobil Milik Guru Ponpes di Gresik

6 Juli 2022, 16:34:21 WIB

JawaPos.com-  Mimpi Alexander Dodhy Prasetio (ADP) dapat meraup keuntungan lebih dari usaha yang dijalaninya, harus berakhir di jalur hukum. Betapa tidak, Pria 44 tahun itu melakukan aksi tipu-tipu. Yakni, menggelapkan mobil yang disewanya untuk kepentingan usaha. Parahnya, hal tersebut dilakukan bersama istrinya, Anita Ningsih (AN), serta kakak iparnya yang berinisial J.

Ceritanya, pasangan suami istri (pasutri) yang tinggal di Perumahan GKB, Desa Roomo, itu menyewa mobil Daihatsu Grand New Xenia bernopol N 1877 IU milik Ulin Nuha pada Februari 2022. Rencananya, mobil dipakai sebagai operasional usaha tahu dan tempe di Jombang. ’’Karena keduanya saling kenal, korban tidak menaruh curiga,’’ ujar Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno.

Korban yang berprofesi guru di sebuah pondok pesantren itu menyerahkan mobil dan STNK kepada Alex. Kepada korban, Alex berjanji membayar sewa Rp 7,5 juta setiap bulan. ’’Dengan kesepakatan jangka sewa selama enam bulan,’’ tutur Windu.

Nah, baru dua bulan berjalan, pembayaran uang sewa tersebut tidak berjalan mulus. Korban pun berniat meminta mobil kembali. Namun, hal tersebut tidak kunjung dilakukan Alex. ’’Korban mengetahui bahwa mobilnya digadaikan. Hal itu yang membuat korban melapor ke Polsek Manyar. Kerugian yang dialami mencapai Rp 260 juta,’’ terang Windu.

Setelah ditelusuri, rupanya mobil tersebut digadaikan istri tersangka, Anita, senilai Rp 30 juta. Kepada seorang berinisial J yang tak lain merupakan kakak iparnya sendiri. Setelah dilakukan penyelidikan, pihak Polsek Manyar pun menetapkan pasutri tersebut sebagai tersangka.

’’Tersangka AD dijerat Pasal 372 atau 378 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan. Sementara itu, AN dikenai Pasal 55 KUHP karena ikut melakukan perbuatan pidana,’’ jelas Windu.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : yog/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini: