alexametrics

Libur Sekolah, Penumpang KA Relasi Surabaya-Jakarta Meningkat

6 Juli 2022, 15:29:41 WIB

JawaPos.com- Menjelang Lebaran Idul Adha serta momen libur sekolah, jumlah penumpang transportasi kereta api (KA) meningkat. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT KAI Daop 8 Surabaya menambah operasional armada kereta api.

Pada masa normal, perjalanan 34 KA jarak jauh dioperasikan. Saat ini ditambah dua rangkaian menjadi 36 KA. Tambahan terjadi pada KA Sembrani relasi Surabaya Pasar Turi–Jakarta Gambir dan Sancaka relasi Stasiun Gubeng–Jogjakarta.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, kenaikan penumpang pada momen libur sekolah dan Idul Adha dinilai cukup signifikan. Yaitu, mencapai 2.000 penumpang per hari. Mereka berangkat dari seluruh stasiun wilayah daop 8. Yakni, Stasiun Surabaya Gubeng, Pasar Turi, dan Malang.

”Terutama pada weekend. Jumlah penumpang kereta jarak jauh mencapai 14 ribu. Selain Jakarta, banyak penumpang yang menuju Jogjakarta,’’ kata Luqman Arif kemarin (5/7).

Persyaratan perjalanan masih mengacu pada aturan lama. Penumpang di atas 17 tahun yang telah menerima vaksin ketiga dan di atas 7 tahun yang mendapatkan vaksin dosis kedua tidak perlu menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19. Anak di bawah 7 tahun harus disertai penumpang dewasa yang memenuhi syarat perjalanan.

Selain hal umum tersebut, PT KAI Daop 8 juga mengambil langkah antisipasi akan hal yang tidak diinginkan pada perjalanan. Kegiatan inspeksi stasiun serta jalur KA digelar. Yaitu, dari Stasiun Mojokerto hingga Stasiun Pasar Turi.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ian/c6/ady

Saksikan video menarik berikut ini: