Kemarau Basah, Hujan Tetap Berpotensi Turun di Surabaya Raya

6 Juli 2022, 15:51:56 WIB

JawaPos.com– Anomali cuaca masih terjadi wilayah Surabaya Raya. Kemarin (5/7) sebagian wilayah di Surabaya Barat diguyur hujan dengan intensitas ringan. Demikian juga kawasan Gresik dan Sidoarjo. Padahal, berdasar perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), saat ini sejatinya sudah memasuki musim kemarau.

Prakirawan cuaca BMKG Maritim Tanjung Perak Adi Hermanto menyatakan, kondisi cuaca saat ini memang sulit diprediksi. Sebab, anomali cuaca masih terjadi. ”Ini sebetulnya sudah memasuki musim kemarau. Tetapi, hujan masih turun. Mungkin bisa disebut kemarau basah,” paparnya.

Salah satu penyebabnya, jelas Adi, suhu muka air yang masih hangat. Hal itu menyebabkan pasokan uap air di atmosfer tinggi. Pengaruhnya cukup signifikan untuk menciptakan awan hujan. ”Sehingga masih berpotensi terjadi hujan di tengah musim kemarau,” terangnya.

Sementara itu, dampak anomali cuaca, sebelumnya Pemkot Surabaya juga telah mengimbau masyarakat di empat wilayah pesisir tetap mewaspadai potensi banjir rob. Saat ini terjadi fase bulan purnama yang berdampak pada ketinggian pasang air laut maksimum.

”Saya minta masyarakat mengantisipasi banjir rob dan selalu berkoordinasi dengan BMKG setempat untuk mendapatkan informasi terbaru,” kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji seperti dilansir dari Antara di Surabaya.

Menurut Armuji, pemkot bersama BMKG akan selalu memantau perkembangan ketinggian muka air laut yang selanjutnya ditindaklanjuti perangkat daerah (PD) terkait. Pihaknya mengimbau kepada warga khususnya yang tinggal di pesisir agar lebih meningkatkan kewaspadaan.

Armuji menambahkan, tengah ada fenomena global La Nina yang masih berlanjut. Selain itu, fenomena suhu muka laut yang lebih hangat di sekitar wilayah Jawa Timur, khususnya di area pesisir Kota Surabaya. Armuji mengatakan, BMKG memprediksi potensi hujan akan tetap ada sepanjang tahun 2022.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : adi/c9/ady

Saksikan video menarik berikut ini: