alexametrics

Jadi Tontonan, Warga Sidoarjo Gantung Sepeda Pencuri di Atas Pohon

6 Juli 2022, 10:43:39 WIB

JawaPos.com- Tepergok saat mencuri uang dalam kotak amal musala, seorang maling malah meninggalkan sandal, sarung, dan sepeda kayuh miliknya. Pelaku lari terbirit-birit. Uang amal yang dicolong pun berceceran di mana-mana. Kasus itu terjadi kemarin (5/7) subuh di Musala Darul Hikmah, Desa Kraton, Kecamatan Krian, Sidoarjo.

Imam Thurmudi, warga yang memergoki aksi pencurian itu menceritakan, saat itu dirinya sedang bermain HP di ruang tamu. Pria 41 tahun itu kemudian mendengar suara aneh dari arah musala yang persis di depan rumahnya. Dia pun mengintip dari balik jendela. Ternyata, ada seseorang dengan memakai baju hitam, bercelana pendek hitam, masuk ke teras musala. Lalu,  orang itu mencongkel kotak amal.

Imam lantas membuka pintu dengan keras sambil berteriak. Suara entakan pintu dan teriakan Imam membuat maling kaget. ”Dia langsung ngambil uangnya, lompat dari pagar, terus lari ke arah utara,” ujarnya.

Pagar musala tak tinggi. Hanya sekitar 50 cm. Sambil lari, si maling berusaha memasukkan uang yang sempat terambil dari kotak amal. Akibatnya, beberapa lembar uang pecahan Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu berceceran. Imam sempat melihat total empat orang yang kabur. Tiga orang naik motor, seorang lari.

Karena gagal mengejar, Imam kembali ke musala dan mendapati barang si maling yang ketinggalan. ”Sepedanya yang warna putih, sarung, dan sandal ketinggalan di sini, terus dibawa takmirnya sama warga ke depan,” kata Imam sambil menunjuk tempat yang dimaksud.

Muadi, takmir musala mengatakan, tempat tersebut sepertinya sudah diincar sejak lama. Dua minggu lalu, dia sempat memergoki empat orang remaja. Mereka nongkrong di pojokan ujung gang. Saat dirinya hendak masuk gang menuju musala, empat remaja tersebut langsung bergegas lari. ”Terus minggu lalu saya ngecek, lah kok gembok kotak amal terbalik semua. Lubang kuncinya diarahkan ke atas,” ungkapnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : eza/c9/any

Saksikan video menarik berikut ini: