Ini Alasan Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya Sementara Disegel

6 Juli 2022, 23:07:21 WIB

JawaPos.com- Perpustakaan Balai Pemuda (Balpem) Surabaya disegel sejak Senin (4/7) lalu. Tanda bahaya gas terpasang tepat di depan pintu. Penutupan itu dilakukan sementara untuk perawatan koleksi buku. Sebab, tahun ini bakal ada pengadaan koleksi baru.

Kegiatan fumigasi dilakukan rutin setahun dua kali. Bedanya, tahun ini pelaksanaannya lebih lama. Yakni, lima hari. Sebab, akhir tahun lalu masih didapati adanya rayap. ’’Fumigasi sebelumnya cuma tiga hari,’’ kata Koordinator Perpustakaan Balpem Erna Farida kemarin (5/7).

Dia menjelaskan, fumigasi yang dilakukan sekarang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Menggunakan gas khusus dan ruangan harus tertutup rapat. Dengan begitu, rayap dan jamur bisa dibasmi. Tidak ada kerusakan koleksi.

Perpustakaan Balpem memiliki 27.800 buku. Dalam setahun, hanya 1 persen buku yang rusak. Erna menuturkan, selama dua tahun lalu tidak ada pengadaan buku. Biasanya setiap tahun. Penyebabnya, pandemi Covid-19 yang merebak. ’’Tahun ini ada pengadaan,’’ terangnya.

Pengadaan koleksi buku tahun ini cukup banyak. Yaitu, mencapai 2.159 buku. Di antaranya, 509 buku fisik dan sisanya berbentuk e-book. ’’Pengadaan e-book tahun ini adalah yang pertama. Pengunjung nanti menggunakan aplikasi untuk meminjamnya,’’ terangnya.

Erna menuturkan, Perpustakaan Balpem akan buka lagi pada Jumat (8/7). Jumlah pengunjung juga naik signifikan. Jika biasanya 200 pengunjung per hari, saat ini jumlahnya naik 100 persen menjadi 400 orang per hari. Hal itu terjadi karena sedang musim libur sekolah.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : omy/c7/ai

Saksikan video menarik berikut ini: