alexametrics

Gubernur Khofifah Pastikan Gerai Holywings Sudah Ditutup

6 Juli 2022, 16:12:35 WIB

JawaPos.com–Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan seluruh outlet Holywings di Jawa Timur telah ditutup. Penutupan itu dilakukan sejak 28 Juni.

Holywings disebut Khofifah belum memiliki NIB serta Sertifikat Standart (SS) yang telah terverifikasi berbasis risiko melalui OSS RBA. Artinya, tanpa kepemilikan NIB, dapat dipastikan Holywings belum mengantongi izin usaha dan izin komersial atau operasional sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan.

Khofifah menegaskan, penutupan outlet Holywings telah dilakukan berdasar aturan yang berlaku. Baik menurut aturan penyelenggaraan usaha dari pemerintah pusat, maupun aturan dari pemerintah daerah setempat.

Adapun dasar hukum yang dijadikan alasan penutupan yaitu PP Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

”Kalau di DKI Jakarta, kewenangan izin hiburan dan hotel ada di tangan gubernur. Tapi di Jawa Timur ada di tangan bupati dan wali kota. Kami langsung berkoordinasi dengan Wali Kota Surabaya. Penyegelan dan penutupan dilakukan Pemkot Surabaya,” papar Khofifah yang saat ini sedang melaksanakan ibadah haji di Madinah, Rabu (6/7).

Holywings di Jawa Timur sedikitnya memiliki tiga outlet yang seluruhnya berada di Kota Surabaya. Yakni di Jalan Basuki Rahmat No. 23 Surabaya, Jalan Mayjen Yono Soewoyo No. 5 – E Surabaya, dan Jalan Kertajaya Indah Timur 6/ 1 Blok S – 201 Surabaya.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: