Dishub Jatim Bakal Sediakan Bus Baru, Rute Porong–Surabaya–Gresik

6 Juli 2022, 20:31:12 WIB

JawaPos.com- Warga Sidoarjo dan sekitarnya tak lama lagi bisa memanfaatkan transportasi umum dengan rute baru yang lumayan panjang. Dinas Perhubungan Provinsi Jatim berencana membuka trayek bus baru dari Porong, Surabaya, hingga Gresik. Kemarin (5/7) dua bus sudah digunakan untuk uji coba melewati trayek tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo Benny Airlangga menyatakan saat ini masih simulasi trayek baru. ”Hari ini (kemarin, Red) simulasi pakai bus Bagong, tapi nanti bukan pakai bus tersebut. Hanya, kapasitasnya mirip. Sekitar untuk 25 orang,’’ jelas Benny.

Simulasi tersebut bertujuan untuk mengetahui jarak tempuh, durasi perjalanan, dan kebutuhan lain sebelum nanti benar-benar beroperasi. Benny menyebut rencananya ada 20 bus yang beroperasi. Rutenya mulai Terminal Porong, Terminal Larangan, lanjut masuk tol ke Terminal Bungurasih, dan berakhir di Terminal Bunder, Gresik.

Jam operasional bus tersebut dimulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. ”Setiap 15 menit sekali bus jalan,’’ jelas Benny.

Namun, dia belum bisa memastikan tanggal dimulainya operasional bus tersebut. Sebab, pihaknya masih menunggu keputusan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jatim. ”Karena operasional dan busnya semua di bawah naungan Dishub Jatim,’’ jelasnya.

Sidoarjo hanya kebagian trayek baru. Tidak ada penambahan sarana-prasarana baru terkait operasional bus tersebut. ”Haltenya juga pakai halte yang sudah ada,’’ jelasnya. Misalnya, di Jalan Raya Candi, Jalan Pahlawan di samping Hotel Luminor, di depan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo. 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c6/any

Saksikan video menarik berikut ini: