alexametrics

Wali Kota Surabaya Janji Perda Anti Merokok Bukan Macan Ompong

6 Juni 2022, 16:44:52 WIB

JawaPos.com–Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjanjikan aturan atau peraturan daerah (perda) tentang larangan merokok bukan sekadar macan ompong. Istilah itu merujuk pada aturan yang keras namun tidak ada artinya.

”Kan sudah keluar perdanya. Kita perkuat dengan perwali, ada teguran tertulis. Jangan sampai ada perda, teguran tertulis, tapi jadi macan ompong,” tutur Eri pada Senin (6/6).

Dia mengaku, sudah memerintahkan seluruh jajarannya untuk memastikan perda larangan merokok bukan sekadar aturan di atas kertas. ”Jangan sampai seperti itu, kalau ada aturan ya harus dijalankan,” ujar Eri.

Bila ada salah satu warga yang terjerat perda tersebut, sudah ada aturan pemberian denda atau hukuman. Perda itu, telah diberikan penjelasan sehingga tidak ada lagi kebingungan penerapan dalam aturan tersebut.

”Jadi kita bahas betul, ada kepastian. Oh yang ini teguran pertama atau tertulis, yang ini denda, itu harus dijalankan. Jadi harus jelas, warga jadi tahu,” papar Eri.

Lalu, apakah warga Kota Surabaya dilarang merokok? Eri membantah dan menegaskan tujuan aturan itu bukan melarang orang untuk tidak merokok. Namun memperjelas tempat-tempat tertentu yang wajib bebas asap rokok.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: