alexametrics

Membanggakan, Ini Empat Rekor Muri yang Diraih FK Unair Surabaya

6 Juni 2022, 18:10:36 WIB

JawaPos.com– Upaya Fakultas Kedokteran (FK) Unair membantu program pemerintah dalam penanganan Covid-19 membuahkan hasil. Salah satunya, bantuan layanan program vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh mahasiswa FK Unair. Keberhasilan tersebut mengantarkan FK Unair meraih rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri).

Total ada empat rekor Muri yang diperoleh FK Unair. Yakni, pelayanan vaksinasi Covid-19 terbanyak oleh mahasiswa, perguruan tinggi yang menyelenggarakan seri webinar terbanyak selama pandemi, operasi bedah lubang kunci pertama pada kelainan aneurisme otak, dan operasi transplantasi langsung stem cell ke otak pertama pada kasus stroke.

Dekan FK Unair Prof dr Budi Santoso SpOG (K) mengatakan, proses pendidikan dan pelayanan kesehatan selama masa pandemi Covid-19 mengalami hambatan yang luar biasa. Tidak terkecuali proses pendidikan kedokteran. Namun, adanya teknologi telekonferensi mampu membuktikan bahwa proses pendidikan kedokteran tetap bisa berjalan dengan baik. ”Airlangga Webinar Conference Series (AWCS) ini masih akan terus berlanjut meski pandemi sudah berakhir,” katanya.

Selain itu, pada masa pandemi Covid-19, mahasiswa FK Unair bekerja sama dengan banyak pihak untuk membantu percepatan program vaksinasi Covid-19. Total tercatat lebih dari 80.667 dosis vaksin telah diberikan oleh FK Unair.

Pemberian vaksinasi tersebut tersebar di 32 titik di berbagai daerah. Mulai Surabaya, Gresik, Sidoarjo, sampai Lamongan sejak 12 Juni 2021 hingga 12 Februari 2022. Total ada 2.918 mahasiswa yang dikerahkan. ”Jadi, penghargaan rekor Muri tersebut merupakan bagian dari impact yang diperoleh dari program-program yang sudah dilakukan oleh FK Unair,” ujarnya.

Dosen yang karib disapa Prof Bus itu menambahkan, apresiasi juga diberikan kepada dr Asra Al Fauzi SpBS (K) FICS IFAANS yang telah menorehkan prestasi dalam operasi bedah lubang kunci dengan minimally invasive cranial keyhole surgery pertama pada kelainan aneurisme otak dan operasi transplantasi langsung stem cell ke otak pertama pada kasus stroke.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ayu/c6/ai

Saksikan video menarik berikut ini: