alexametrics

Dilantik Jadi Rektor UINSA, Prof Muzakki: Jangan Pernah Menyerah

6 Juni 2022, 19:54:32 WIB

JawaPos.com- Prof Akh. Muzakki resmi dilantik Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, di Jakarta, Senin (6/6). Guru besar kelahiran Sidoarjo itu menggantikan Prof Masdar Hilmy.

’’Jangan pernah menyerah untuk mencapai apa yang diinginkan. Semua pasti ada jalannya,” tutur Prof Muzakki, yang juga menjabat Wasekjen PBNU itu.

Lahir pada 9 Februari 1974, Prof Muzakki terbilang guru besar muda. Dia terbilang menempa diri dalam pergulatan hidup dari keluarga sederhana. Bahkan, dia mengakui secara materi tidak akan mampu menempuh pendidikan hingga jenjang paling tinggi. Namun, dengan kerja keras dan keinginan yang kuat mengalahkan semua itu.

“Jangan tertunduk pada kemiskinan. Kemiskinan adalah sebagian dari romantika hidup,” ujar penulis buku Eduspiring, Sekolah Inspirasi, Hidup Berprestasi, yang terbit 2017.

Karena keinginan kuat tersebut, Prof Muzakki terus belajar dan terus belajar. Hingga nyaris tidak pernah mengeluarkan uang untuk terus bersekolah. “Semuanya beasiswa, free,” tutur peraih gelar PhD dari The University Of Queensland, Australia, itu.

Mantan dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UINSA itu menyatakan, sejak kecil hingga masuk kuliah, tidak pernah menempuh pendidikan di sekolah-sekolah yang keren. Dia merampungkan pendidikan formal di MINU, MTsN, dan MAN Sidoarjo.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: