alexametrics

Barang Sitaan Satpol PP Belum Diatur Perda dan Perwali Surabaya

6 Juni 2022, 16:41:23 WIB

JawaPos.com–Kasus FE, anggota Satpol PP yang dilaporkan menjual barang-barang sitaan disebut bukan yang pertama kali terjadi. Dugaan penjualan barang-barang sitaan itu diduga telah terjadi beberapa kali.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya Pertiwi Ayu Khrisna menyebut, munculnya dugaan itu berkaitan dengan tidak adanya peraturan wali kota (perwali) atau peraturan daerah (perda) tentang barang-barang sitaan.

”Kami tanya ke Kepala Satpol PP (Eddy Christijanto) apakah kejadian ini sebelumnya pernah terjadi mengingat dari rangkaian cerita itu tidak hanya pada saat Pak Eddy (menjabat) jadi ini sudah lama hanya tidak ketahuan,” kata Ayu pada Senin (6/6).

Politikus Partai Golkar itu meminta supaya aturan tentang barang sitaan harus benar-benar ditertibkan dan dijelaskan lagi. Berdasar catatannya, aturan tentang barang sitaan belum terlalu jelas.

”Sistem Satpol PP tentang barang sitaan harus benar-benar ditertibkan. Artinya barang yang disita harus masuk data, kemudian nanti andaikan ada yang dilelang atau ditebus pemiliknya juga harus jelas,” terang Pertiwi Ayu Khrisna.

Sebenarnya, lanjut dia, aturan itu pernah dilakukan dan dijelaskan pada 2012. Saat itu, muncul aturan entang barang sitaan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: