alexametrics

New Normal, KAI Daop 8 Surabaya Siapkan Face Shield untuk Penumpang

6 Juni 2020, 07:07:00 WIB

JawaPos.com – Pengelola jasa angkutan bersiap menyambut era new normal. Beberapa aturan bakal dijalankan dalam operasional kendaraan. PT KAI Daop 8 Surabaya mewajibkan penumpang kereta jarak menengah dan jauh memakai pelindung wajah.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan bahwa saat diberlakukan new normal, pihaknya akan menyiapkan beberapa prosedur penumpang kereta.

Salah satunya, penumpang wajib bermasker dan suhu tubuh kurang dari 37,3 derajat Celsius.

Pedoman lain yang diberlakukan adalah soal pemesanan tiket. Seluruh pemesanan tiket bisa dilakukan secara online. Baik melalui KAI Access, web KAI, maupun penjualan tiket resmi KAI lain. Loket stasiun hanya difungsikan untuk pembelian go show. Yakni, tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

Saat boarding, penumpang wajib menunjukkan tiket dan identitas kepada petugas. Setelah diperiksa, penumpang diminta untuk melakukan scan tiket secara mandiri. ”Langkah ini untuk meminimalkan kontak fisik antara penumpang dan petugas,” ujarnya.

Khusus untuk penumpang kereta jarak sedang dan jauh, KAI mewajibkan penggunaan face shield yang telah disediakan. Alat pelindung wajah tersebut wajib digunakan hingga penumpang keluar dari area stasiun kedatangan.

Pengecekan suhu tubuh diterapkan secara berkala kepada penumpang kereta jarak menengah dan jauh. Setiap tiga jam, petugas akan keliling mengecek kondisi satu per satu penumpang. Penumpang yang memiliki suhu badan 37,3 derajat Celcius dan mengalami gejala Covid-19 akan dipindah ke ruang isolasi di dalam kereta. ”Kami akan menghubungi dokter atau petugas kesehatan di stasiun terdekat yang memiliki fasilitas pos kesehatan,” ujar Suprapto.

Untuk menjamin kebersihan selama perjalanan, petugas rutin membersihkan objek-objek yang sering terpegang tangan setiap 30 menit secara bergantian. Objek seperti pegangan pintu, pengunci pintu, keran air, tombol flush toilet, sandaran tangan, meja lipat, dan lainnya dibersihkan dengan menggunakan cairan yang mengandung disinfektan.

Suprapto mengatakan, petugas frontliner KAI yang berpotensi kontak jarak dekat dengan penumpang dibekali dengan APD. Yakni, masker, sarung tangan, dan face shield. ”Petugas kami lengkapi APD agar memberikan rasa aman kepada para pelanggan yang dilayani oleh petugas kami,” jelasnya. 

ATURAN KAI SAAT KENORMALAN BARU

  • Seluruh pemesanan tiket (non-go show) dilakukan lewat online.
  • Seluruh penumpang wajib memakai masker dan suhu tubuh harus di bawah 37,3 derajat Celsius.
  • Tempat duduk diatur by sistem sehingga antara satu penumpang dan penumpang lain memiliki jarak.
  • Khusus penumpang kereta jarak menengah dan jauh wajib memakai face shield.
  • Penumpang kereta jarak sedang dan jauh menjalani pengecekan suhu badan setiap tiga jam.

Sumber: PT KAI Daop 8 Surabaya

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c6/git



Close Ads