Marak Aksi Gangster, Ini Tujuh Titik Rawan Kerumunan di Sidoarjo

5 Desember 2022, 16:07:07 WIB

JawaPos.com- Maraknya gerombolan gangster ataupun kelompok yang membuat kerusuhan, membuat Polresta Sidoarjo menggandeng TNI dengan diback-up Brimob Polda Jatim untuk patroli keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Mereka menyusuri kawasan perbatasan kota untuk membubarkan keramaian.

Kabagops Polresta Sidoarjo Kompol Kadek Oka Suparta mengatakan, operasi sejak Sabtu (3/12) malam hingga Minggu (4/12) subuh tersebut tidak hanya berfokus pada gangster, tetapi juga balapan liar serta mengantisipasi adanya penyalahgunaan narkoba di wilayah Kota Udang.

Setidaknya ada tujuh titik rawan yang sering dilaporkan ke kepolisian. ”Di perbatasan seperti arteri dan eks tol Porong yang sering digunakan kumpul-kumpul balap liar,’’ tuturnya. Selain Porong, wilayah di Waru, Aloha, dan Gedangan juga menjadi tempat yang diawasi. ”Di sekitar Jembatan Jenggolo juga, GOR Delta, alun-alun, sampai sekitar Perumahan Puri Surya Jaya,’’ ujarnya.

Dalam operasi patroli oleh aparat gabungan yang dilakukan hingga pukul 04.00, Kadek mengungkapkan tidak menemukan adanya kerumunan pemuda dengan sajam, narkoba, ataupun motor untuk balap liar. ”Syukur, semalam sampai subuh kondusif untuk titik-titik tersebut. Tidak ditemukan adanya tindakan membahayakan,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Kasihumas Polresta Sidoarjo Iptu Tri Novi Handono mengatakan, hasil patroli semalam hanya menemukan adanya motor yang mengalami laka tunggal di Jalan Raya Tebel, Gedangan. ’’Kalau hasil, itu saja laka tunggal. Tidak ada hubungannya dengan geng dan semacamnya,’’ katanya.

Di sisi lain, menurut dia, patroli kamtibmas itu masih akan digelar Senin (5/12) dini hari dengan dipimpin langsung oleh Kapolresta Sidoarjo. Novi menuturkan, hal tersebut merupakan antisipasi jika ada gangster yang sedang di-sweeping di Surabaya kabur ke wilayah hukum Sidoarjo. ”Benar, untuk antisipasi kaburnya gangster ke sini,’’ ungkapnya.

Sebenarnya, sebelum ramai masalah gangster atau kelompok bersenjata tajam di Surabaya, wilayah hukum Sidoarjo juga diteror hal serupa dalam dua bulan terakhir. Dari data yang berhasil dihimpun pada Oktober dan November, aksi gerombolan pemuda dengan senjata tajam terjadi sebanyak empat kali.

Dari empat kasus tersebut, baru satu yang berhasil diungkap Polresta Sidoarjo. Terakhir, kasus gerombolan pemuda dengan sajam terjadi pada Minggu (27/11). Tepatnya di Jalan Diponegoro, depan Lemahputro Gang III, yang mengakibatkan Izzan Wafarom, 28, mengalami luka sabetan di kedua tulang kering kakinya.

Saat dikonfirmasi soal perkembangan kasus tersebut, Kasatreskrim Polresta Sidoarjo AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo mengungkapkan bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan. ”Masih dalam penyelidikan, mohon doanya,’’ ujarnya.

Di sisi lain, Andaru mengungkapkan bahwa pihaknya berhasil mendapatkan nama-nama gerombolan yang diduga terlibat dalam pengeroyokan pemuda asal Lemahputro tersebut. ’’Sementara masih pengembangan, beberapa nama sudah kami kantongi,’’ ujarnya.

Sebelumnya pada Senin (28/11), Polresta Sidoarjo mengungkap kasus kerusuhan dan pengeroyokan di Warkop Gaul, Gedangan, oleh gerombolan pemuda bersenjata. Dari ungkap kasus tersebut, polisi baru berhasil menangkap dua pelaku. Keduanya merupakan anggota perguruan silat asal Surabaya.

TITIK-TITIK RAWAN KERUMUNAN DI SIDOARJO

  • Jalan arteri Porong
  • Eks jalan tol Porong, Jabon
  • Taman Pinang Indah atau sekitar GOR Delta Sidoarjo
  • Jalan Puri Surya Jaya
  • Waru–bundaran Aloha
  • Sekitar Jembatan Jenggolo
  • Alun-alun

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : eza/c6/any

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads