alexametrics

Percikan Api dari Tiang Listrik Hanguskan Gudang 2 Lantai di Sidoarjo

5 Agustus 2022, 17:05:00 WIB

JawaPos.com- Amuk api masih belum juga berhenti. Sebuah gudang scaffolding dan kerangka besi tua di Jalan Sawunggaling III, Jemundo, Taman, Kamis (4/8) siang giliran dilahap si jago merah. Alhasil, bangunan dua lantai itu ludes terbakar. Hanya tersisa tiang-tiang kayu yang gosong.

Sutiyah, warga yang rumahnya tepat berada di seberang gudang tersebut, mengungkapkan bahwa api muncul sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu perempuan 58 tahun tersebut makan di teras rumah sambil mengawasi cucunya bermain. Dia sempat melihat salah seorang penjaga gudang keluar dengan mengendarai motor dan mengunci gerbang pintu dengan gembok.

Selang 15 menit kemudian, Sutiyah mendapati ada asap dan percikan api di tiang listrik di dalam gudang. Dalam waktu cepat, api membesar hingga mencapai lantai 2. Karena panik, dia langsung mengevakuasi cucunya dan berteriak meminta bantuan warga untuk memadamkan api. Beberapa warga berbondong-bondong datang membawa ember dan air. Salah seorang warga juga menjebol gembok gudang.

Pemadaman awal dilakukan warga dengan menggunakan air selokan. Warga khawatir api merembet ke toko kelontong di sebelahnya. ”Yang di toko itu langsung ngeluarin barang dagangannya karena takut kebakar. Gas-gas itu sama jajan-jajan dikeluarin dibantu warga,” ungkapnya.

Setelah itu, salah satu perangkat kampung menelepon PLN dan petugas pemadam kebakaran (damkar). Terlihat lima unit mobil damkar dari Waru, Krian, dan Buduran diturunkan untuk memadamkan api.

Humas Damkar BPBD Sidoarjo Miftahul Munir menjelaskan, karena tergolong cukup besar dengan angin yang kencang, api baru bisa padam sekitar pukul 16.00. Luas area yang terbakar sekitar 72 meter persegi.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : eza/c14/any

Saksikan video menarik berikut ini: