alexametrics

PENS Juara Umum di Ajang Bergengsi Politeknik Se-Indonesia

5 Agustus 2022, 20:31:38 WIB

JawaPos.com- Kampus asal Kota Surabaya kembali menorehkan prestasi membanggakan. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil menjadi juara umum di salah satu ajang paling bergengsi politeknik se-Indonesia di bidang informatika. Yakni, Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) 2022.

Kepala Unit Kesekretariatan Humas PENS Artiarini Kusuma Nurindiyani menyatakan, dalam KMIPN IV ini timnya mengantongi tiga medali emas serta best write up dan best system. PENS mengirimkan sembilan tim untuk bertanding.

Penghargaan juara 1 diperoleh pada divisi Cipta Inovasi oleh tim Maca Santara, juara 1 pada divisi Pengembangan Aplikasi Permainan oleh tim Boku No Fanya, dan juara 1 kategori E-Government oleh tim IAM. ’’Tim NIMDA dari bidang Keamanan Siber dan tim Gefosa dari kategori Internet of Things (IoT) menjadi best write up dan best system,’’ katanya.

Artiarini menambahkan, PENS berhasil menyandang juara umum di KMIPN sejak 2019. Hingga saat ini, PENS pun berhasil mempertahankan gelar tersebut. ’’Berhasil masuk hingga babak final sangat tidak mudah. Banyak rintangan yang dilewati,” imbuhnya.

Karena itu, tim dari PENS tidak henti-hentinya melakukan evaluasi dan latihan agar bisa berhasil menjadi juara. Keberhasilan menjadi juara umum di KMIPN membuktikan bahwa PENS menjadi kampus yang mampu bersaing, baik di tingkat nasional maupun internasional. ’’KMIPN ini adalah salah satu ajang bergengsi politeknik se-Indonesia di bidang informatika,’’ kata dia.

PENS pun berhasil mengalahkan ratusan tim dari Indonesia. Total ada 628 tim dari seluruh kategori. Di antaranya, kategori Hackathon, Keamanan Siber, E-Government, Perencanaan Bisnis di bidang TIK, Animasi, IoT, Cipta Inovasi di bidang TIK, serta Pengembangan Aplikasi Permainan (PAP). ’’Harapan kami, kami bisa mempertahankan semangat berkompetisi di segala bidang,’’ ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ayu/c12/ai

Saksikan video menarik berikut ini: