alexametrics

Makin Menjamur, PKL Disterilkan dari Jalan Kalianget Surabaya

5 Agustus 2022, 16:14:11 WIB

JawaPos.com- Kecamatan Pabean Cantian bersama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) bekerja sama untuk menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Kalianget, Kamis (4/8). Penertiban itu dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan serta kenyamanan di akses penting sekitar kantor Pelindo.

Jalan Kalianget berarti penting bagi Pelindo di Surabaya. Di jalan tersebut, terdapat sejumlah kantor dan aset Pelindo. Keberadaan PKL yang tak tertata membuat keindahan dan ketertiban di lingkungan itu terganggu.

Para pedagang tidak hanya berjualan di sisi jalan. Namun, di area Jalan Kalianget, para PKL juga mendirikan bangunan semipermanen. Bangunan liar tersebut berfungsi sebagai tempat berjualan, bahkan tempat tinggal. Kebersihan yang tidak dijaga PKL juga menjadi alasan penertiban.

Selain itu, Pelindo Subregional Jawa memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan pelabuhan yang aman, tertib, nyaman, indah, dan kondusif. Khususnya di Jalan Kalianget. Hal itu merujuk pada Pasal 34 Ayat 1 Peraturan Menteri Perhubungan Indonesia tentang Penyelenggaraan Pelabuhan Laut (Pengelolaan Keamanan dan Ketertiban).

Camat Pabean Cantian Muhammad Januar Rizal mengatakan, pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi bersama Pelindo pada akhir Juli (26/7). Hasil koordinasi tersebut menyepakati pelaksanaan kegiatan penertiban. Sosialisasi juga telah disampaikan kepada PKL sejak Februari lalu.

’’Jadi, ketika penertiban, tidak ada gejolak dari para pedagang,’’ ungkap Rizal.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ata/c7/ady

Saksikan video menarik berikut ini: