alexametrics
Ngaku Punya Kenalan di Mabes Polri

Makelari Masuk Akpol, Dituntut Hukuman Dua Tahun

5 Agustus 2022, 17:48:38 WIB

JawaPos.com – Achmad Bambang Dwi Suko dituntut hukuman dua tahun penjara, Kamis (4/8). Calo taruna Akademi Polisi (Akpol) itu dianggap jaksa penuntut umum terbukti menipu Mimid Achmid dan Abdul Muiz. Sebab, cucu dan anak mereka tidak lolos rekrutmen taruna Akpol pada 2017 meski sudah membayar.

Jaksa Muhammad Fadhil dalam tuntutannya menyatakan, tindakan terdakwa membuat kedua korban merugi Rp 450 juta. Perinciannya, Mimid Rp 300 juta dan Muiz Rp 150 juta.

”Menuntut supaya majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah sesuai dengan isi dakwaan,” ujarnya.

Dalam praktiknya, terdakwa menawarkan jasanya kepada korban melalui Sutinah, keponakannya yang menjalani sidang terpisah. Dia menjanjikan bisa meloloskan orang dalam rekrutmen Akpol dengan syarat membayar Rp 300 juta. Dalihnya, Bambang memiliki kenalan jenderal bintang tiga di Mabes Polri.

Sutinah awalnya memberikan penawaran tersebut kepada Mimid. Purnawirawan TNI-AL itu tertarik karena yang menawari masih terhitung saudara. ”Saksi Mimid mendaftarkan cucunya,” kata Fadhil.

Oleh Sutinah, Mimid lantas diminta mengirimkan uangnya ke rekening Zaldy Irawan yang dipegang Bambang. Namun, setelah pembayaran itu, ternyata cucunya tidak lolos rekrutmen.

Muiz, korban lain terdakwa, punya cerita yang hampir sama. Hanya, nominal uang pelicin yang diminta Sutinah mencapai Rp 500 juta. Muiz menawarnya Rp 300 juta. Dia juga mau membayar setengahnya dulu. Sisanya akan diberikan setelah anaknya menjadi taruna.

Fadhil mengungkapkan, uang korban kenyataannya dipakai untuk kepentingan pribadi terdakwa. Bukan digunakan seperti yang dijanjikan kepada korban. ”Karena itu, perbuatan terdakwa sesuai dengan Pasal 378 KUHP,” jelasnya.

Bambang yang mengikuti sidang secara virtual meminta hukumannya diringankan kepada majelis hakim. Dia mengaku menyesal. ”Kalau bisa, di bawah dua tahun, Pak,” ucapnya memelas.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : edi/c14/eko

Saksikan video menarik berikut ini: