alexametrics

Dicari, Anak Muda Surabaya untuk Meramainkan Bungker Tegalsari

5 Agustus 2022, 10:39:27 WIB

JawaPos.com– Restorasi bungker di Tegalsari, Surabaya, sudah tuntas tahun lalu. Bangunan yang berdiri sejak era kolonial itu bakal difungsikan sebagai co-working space. Lain lagi dengan nasib Benteng Kedung Cowek, di Kecamatan Bulak. Sejauh ini, bangunan bersejarah itu belum jelas.

Bungker Tegalsari terletak di belakang Mapolsek Tegalsari. Atap bangunan itu berbentuk segi delapan. Di dindingnya banyak lubang jendela dan angin-angin. Pakar sejarah memperkirakan, dulu bangunan tersebut digunakan sebagai tempat pertahanan, perlindungan, serta pengintaian musuh.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (DKKORP) Surabaya Wiwiek Widayati menyampaikan, bungker Tegalsari dimanfaatkan untuk co-working space. ”Ada beberapa industri kreatif dari anak muda Surabaya yang dipajang di sana,” ujarnya.

Penyusunan konsep ruang kerja bersama bungker Tegalsari sudah rampung. Kini DKKORP Surabaya mencari anak-anak muda Surabaya yang bisa meramaikan tempat itu. ”Tinggal realisasi pemanfaatannya,” papar Wiwiek.

Sementara itu, upaya pemkot mengambil alih Benteng Kedung Cowek belum membuahkan hasil. Sebab, bangunan tersebut berdiri di atas lahan milik swasta. ”Namun, status Benteng Kedung Cowek telah masuk daftar bangunan cagar budaya (BCB) pemkot,” ucapnya.

Terpisah, dekan FIB Unair Prof Dr Purnawan Basundoro menuturkan, tidak ada batasan dalam pemanfaatan BCB. Yang penting, keaslian bangunannya tetap utuh terjaga. ”Pemkot perlu menjaga keutuhan BCB serta tidak mengubah fisik bangunan,” ujarnya.

Pemasangan ornamen tambahan diperbolehkan. Asal, tidak berlebihan hingga mengubah penampakan fisik gedung.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : sam/c7/aph

Saksikan video menarik berikut ini: