alexametrics

Akses Kini Dibuka Lagi, Betonisasi Jalan Panjunan-Suko Sidoarjo Tuntas

5 Agustus 2022, 16:51:05 WIB

JawaPos.com- Satu per satu proyek pengecoran jalan atau betonisasi di sejumlah akses di Sidoarjo kelar. Kali ini, ruas Panjunan–Suko di Masangankulon, Sukodono, tuntas 100 persen. Jalan pun sudah dibuka dan bisa dilewati warga. Drainase di kanan dan kiri jalan juga sudah terbangun.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Pemkab Sidoarjo Dwi Eko Saptono menyebutkan, jalan yang dicor di kawasan tersebut sudah tuntas semua. Dia pun sudah melakukan pengecekan. Drainase lancar, kondisi cor juga sudah bagus.

Setelah pengecekan selesai, jalan pun dibuka untuk umum. Sebelumnya, jalan sempat ditutup total saat proses betonisasi. Pengendara dialihkan ke jalur alternatif tak jauh dari lokasi. Warga pun kini bisa menikmati jalan mulus itu.

Dwi menyebutkan, saat pelaksanaan pembangunan, pelaksana menemukan ada crossing saluran atau saluran yang melintasi bawah badan jalan. Saluran itu digunakan sebagai pembuangan air dari permukiman warga.

Saluran tersebut, semula belum terdeteksi karena hampir tertutup tanah. Kondisinya mampet. Alhasil, saluran itu tidak masuk perencanaan karena tidak teridentifikasi. Beberapa warga pun meminta agar saluran tersebut tidak ditutup. Sebab, meskipun kondisinya mampet, masih digunakan untuk pembuangan air dari permukiman warga. ’’Sudah kami fasilitasi, salurannya tetap ada,’’ kata Dwi.

Pihaknya membuat U-ditch pada crossing saluran tersebut. Saluran dikeruk, lalu dipasangi U-ditch di bawah jalan. Dengan demikian, bisa tetap digunakan dan berfungsi. Tidak sampai ditutup. Pengerjaan semua sudah selesai sesuai target.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c12/any

Saksikan video menarik berikut ini: