alexametrics

TPA Ngipik Overload, Persoalan Sampah Belum Beres di Gresik

5 Juli 2022, 21:29:17 WIB

JawaPos.com- Persoalan sampah menjadi salah satu pekerjaan rumah di Gresik yang belum terselesaikan. Setelah TPA Ngipik dinyatakan overload pada 2018, sejumlah tempat pembuangan sementara (TPS) pun tidak terurus. Salah satunya TPS di Desa Bulurejo, Benjeng.

Padahal, setiap hari ada petugas yang mengangkut sampah di TPS itu. Namun, saking banyaknya, tak jarang sampah meluber hingga ke jalan raya. Petugas pun kerepotan mengambil gundukan sampah tersebut.

Banyaknya sampah itu lantaran bukan cuma warga Desa Bulurejo yang membuang di sana, tetapi juga warga luar desa. Maklum, TPS itu berada di jalan alternatif Cerme–Benjeng yang ramai dilalui masyarakat.

Kades Bulurejo Imam Shofwan mengeluhkan warga luar desa yang ikut membuang sampah di TPA desanya. Bahkan, Imam pernah menghitung jumlah orang yang membuang sampah di sana. ’’Saat itu saya stand by di dekat TPS, habis magrib sampai isya. Dari 23 orang pembuang sampah, 19 orang berasal dari luar Desa Bulurejo,’’ ujarnya.

Sebetulnya, lanjut Imam, setiap pagi ada petugas yang mengambil sampah tersebut. Namun, karena banyaknya sampah dari luar desa, sangat mungkin petugas jadi kewalahan. ’’Kami harap jika sudah penuh, jangan ikut membuang di sini. Karena sampai meluber ke jalan,’’ tutupnya. 

Pantauan Jawa Pos, kondisi tersebut tidak hanya di Bulurejo saja. Di beberapa desa lain, juga banyak ditemukan sampah kerap menumpuk di pinggir jalan.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c18/diq

Saksikan video menarik berikut ini: