alexametrics

PPDB Zonasi SMPN Gresik Usai, Masih Tersisa Ratusan Pagu Kosong

5 Juli 2022, 16:35:22 WIB

JawaPos.com- Tahapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMPN di Gresik telah ditutup Senin (4/7) pagi. Dari total pagu 7.552 yang tersebar di 34 SMPN masih tersisa ratusan pagu kosong. Mayoritas dari sekolah di luar area perkotaan.

Pada PPDB tahun ini, Dinas Pendidikan (Dispendik) Pemkab Gresik membuka 7.552 pagu. Jumlah itu terbagi menjadi beberapa jalur pendaftaran. Namun, hingga penutupan pukul 10.00 WIB kemarin, dispendik mencatat masih terdapat 453 pagu kosong yang tidak dimanfaatkan siswa baru. Jumlah tersebut terbagi di sembilan sekolah.

Sebetulnya, jika dilihat dari data, keberadaan sekolah negeri di Gresik masih tergolong sangat kurang bila dibandingkan dengan lulusan SD. Betapa tidak, pada 2022 ini terdapat 20.631 siswa SD/MI yang lulus, sedangkan daya tampung siswa SMPN hanya 7.552.

Nah, padat ahun ini terdapat 9.602 siswa yang mendaftarkan diri ke SMPN. Artinya, terdapat 2.050 siswa yang tidak diterima di SMPN.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dispendik Pemkab Gresik Nur Maslichah mengatakan, pada jalur zonasi ini tercatat 453 pagu masih kosong. Sebetulnya pihaknya menyayangkan lantaran banyak siswa yang ingin diterima di sekolah negeri.

Namun, Nur Maslichah tidak menampik bahwa minat terhadap sekolah di wilayah luar perkotaan masih minim. Itu dilihat dari pendaftar dari tahun ke tahun yang selalu sepi. ”Tapi, itu jumlah berdasar website. Karena nanti ada daftar ulang hingga Selasa besok (hari ini, Red). Jika siswa yang diterima tidak daftar ulang, otomatis terdapat pagu yang kosong,” jelasnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c9/diq

Saksikan video menarik berikut ini: