alexametrics

Masuk Mal Wajib Vaksin Booster, Pengelola Khawatir Sepi

5 Juli 2022, 20:53:02 WIB

JawaPos.com–Mal di Kota Surabaya bersiap mewajibkan pengunjung harus vaksin booster. Keputusan tersebut merujuk pada hasil rapat terbatas kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Dalam rapat itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi selaku Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, vaksin booster wajib digunakan dalam perjalanan jauh dan syarat masuk mal. Hasil rapat itu, akan diatur melalui peraturan Satgas Penanganan Covid-19 dan peraturan turunan lainnya. Rencananya, aturan itu diterapkan maksimal dua minggu lagi.

Beberapa mal di Surabaya pun merespons hal itu. Istar Pakaja, General Manager Plaza Surabaya melihat bahwa pemerintah pusat seharusnya memberikan booster kepada pelaku usaha. Terlebih setelah 2 tahun dilanda pandemi.

”Bagi kami, ini sama saja dengan yang awal aturan untuk vaksin 1 dan 2, dampak traffic pengunjung pasti akan terasa turun seperti awal kebijakan vaksin,” kata Istar Pakaja pada Selasa (5/7).

Padahal, lanjut Istar, pihaknya berharap saat ini sudah memasuki tahap recovery secara bisnis. Sebab jumlah pengunjung belum normal dan kembali 100 persen. ”Dalam kondisi recovery ini justru kami butuh kebijakan pemerintah yang dapat booster secara bisnis,” harap Istar Pakaja.

Meski demikian, dia menyatakan, akan tetap mendukung aturan pemerintah pusat. Harapannya, aturan baru itu bisa menghapus Covid-19.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: