alexametrics

Masih Ada Bus yang Ngetem di Luar Terminal TOW Surabaya

5 Juli 2022, 12:25:28 WIB

JawaPos.com- Masih ada bus yang nekat ngetem di luar Terminal Tambak Osowilangun (TOW), Surabaya. Padahal, petugas sudah memberikan peringatan. Bus yang masih nekat mengangkut dan menurunkan penumpang di luar terminal akan ditilang.

Dalam dua pekan terakhir, bus yang biasanya ngetem di luar terminal sudah tidak tampak. Semua diminta masuk ke dalam terminal. Nah, Senin (4/7) kemarin terlihat satu bus kecil berwarna hijau yang masih nekat mengangkut penumpang dari luar terminal. ’’Repot. Jadi kucing-kucingan,” ujar Kepala Unit TOW Imam Hidayat.

Imam mengatakan, memang tidak mudah memaksa bus yang biasanya ngetem di luar untuk masuk ke dalam terminal. Tidak hanya nekat membawa penumpang di depan pintu gerbang, ada pula bus yang menyiasati agar tidak masuk terminal dengan menurunkan penumpang di bawah jembatan tol Terminal Teluk Lamong.

Mantan kepala unit Terminal Purabaya itu menyebut jumlah petugasnya terbatas. Selain itu, pihaknya tidak berwenang menindak atau memberikan tilang kepada bus yang melanggar. Karena itu, dinas perhubungan (dishub) akan menggandeng pihak kepolisian untuk melakukan penertiban.

’’Memang harus bertahap. Lek gak ngunu angel. Pelan-pelan kita ajak masuk karena memang aturannya demikian,” pungkasnya.

Sebelumnya, upaya menghidupkan terminal TOW gencar dilakukan. Maklum, belakangan terminal itu kini menjadi sepi. Kondisi itupun dikeluhkan para pedagang di area terminal. Buntut bus antarkota tidak masuk, dagangan mereka menjadi tidak laku. Memang dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk menggairahkan terminal tersebut.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : adi/c17/ady

Saksikan video menarik berikut ini: