alexametrics

Lahan Klir, Proyek Rusunawa Pakal Surabaya Dimulai

5 Juli 2022, 12:46:05 WIB

JawaPos.com- Pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) atau Flat Pakal, Surabaya, akhirnya terlaksana. Kemarin (4/7) sejumlah alat berat diterjunkan untuk menancapkan paku bumi. Dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman serta pertanahan (DPRKPP) memberikan waktu enam bulan kepada kontraktor untuk menyelesaikan pekerjaan.

Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman Lasidi menyatakan, kontrak kerja ditandatangani sejak Juni. Artinya, pekerjaan harus selesai pada November. ”Setelah ada pemenang tender, kita langsung buatkan kontrak kerja. Waktunya enam bulan sejak penandatanganan kontrak,” ujarnya kemarin (4/7).

Menurut Lasidi, waktu enam bulan dirasa sudah cukup untuk pembangunan gedung lima lantai. Mulai memasang paku bumi untuk fondasi sampai membangun konstruksi bangunannya. ”Yang jelas, sebelum Desember harus tuntas,” kata dia.

Sebab, rusunawa berkapasitas 100 unit tersebut diproyeksikan bisa ditempati pada Januari. Karena itu, pihak kontraktor yang memenangkan proyek senilai Rp 27 miliar itu harus menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Karena itu, seleksi pihak rekanan dalam proses lelang kemarin cukup ketat. Tidak hanya dokumen yang dicek. Rekam jejak pihak rekanan juga dilihat betul. ”Karena kita menginginkan pekerjaan yang berkualitas. Ini untuk warga kurang mampu. Jadi, pekerjaannya tidak boleh asal-asalan,” papar Lasidi.

Terpisah, Camat Pakal Tranggono Wahyu Wibowo memastikan persoalan lahan yang sempat menjadi kendala pembangunan telah klir. Warga sudah legawa. Dengan catatan, keinginan warga terkait pembangunan sekolah di kompleks rusunawa dipenuhi. ”Sudah kami koordinasikan dengan dinas terkait dan alhamdulillah aman (akan dipenuhi, Red),” katanya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : adi/c6/ady

Saksikan video menarik berikut ini: