alexametrics

Kembangkan Kemampuan Mahasiswa, ITS Punya 24 Laboratorium

5 Juli 2022, 23:02:11 WIB

JawaPos.com–Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memiliki 24 laboratorium. Hal itu sebagai upaya meningkatkan kualitas setiap bidangnya.

Kepala Departemen Biologi ITS Dewi Hidayati mengatakan, 24 laboratorium itu untuk menunjang pembelajaran serta riset para mahasiswa maupun dosen. Laboratorium tersebut tersebar ke enam departemen yang berbeda. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan bisa lebih berkembang.

”Ada 8 Laboratorium Fisika, 5 Laboratorium Matematika, 2 Laboratorium Kimia, 4 Laboratorium Statistika, 4 Laboratorium Biologi, dan 1 Laboratorium Sains Aktuaria,” papar Dewi.

Menurut dia, ITS telah bekerja keras dalam meningkatkan setiap fasilitas yang ada untuk menunjang setiap kegiatan mahasiswa maupun dosen. Setiap laboratorium memiliki fasilitas yang canggih dan bermanfaat.

”Terdapat beberapa contoh fasilitas canggih, seperti alat praktikum fisika yang dioperasikan secara daring, mikroskop tiga dimensi, dan lain sebagainya,” ungkap Dewi.

Lebih lanjut, dia menuturkan, saat ini ITS berhasil memiliki peralatan laboratorium mutakhir, yakni field emission scanning electron microscopes (FE-SEM). FE-SEM berfungsi untuk melihat morfologi struktur mikro yang berukuran dan berbentuk butir.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: