alexametrics

Amuk Api di Area Safe n Lock Sidoarjo, Puluhan Ton Ikan Turut Terbakar

Kerugian Ratusan Juta Rupiah
5 Juli 2022, 10:47:45 WIB

JawaPos.com– Amuk api di area pergudangan Safe n Lock,  Rangkah Kidul, Kecamatan Sidoarjo, pada Minggu (3/7) malam tidak hanya meludeskan satu gudang milik PT Multi Color Indonesia saja. Namun, ada enam gudang di blok A2 yang terbakar. Kerugian pun diperkirakan ratusan juta.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Sidoarjo Nawari mengungkapkan ketika mendapat laporan dan video awal kebakaran di Safe n Lock, dirinya langsung mengirimkan 9 unit mobil PMK dan 36 anggota. Nawari mengatakan, enam gudang yang terbakar tersebut berisi bahan kimia amonia, tiner, tangki gas, alat perkantoran, dan ruang pendingin ikan.

Personel damkar sempat terhalang ledakan dari tangki setinggi 1 meter yang berisi tiner. ”Personel sempat kaget karena ledakan di dekatnya dan memundurkan diri sejenak sambil mengatur siasat,’’ ujarnya.

Selain itu, angin berembus cukup kencang. Hal tersebut juga menjadi kendala karena api semakin besar. Menurut dia, gudang amonia dan tiner menjadi tantangan besar untuk pemadaman karena berisi bahan-bahan yang mudah terbakar. ”Ada setidaknya beberapa kali ledakan lagi saat kita berusaha memadamkan,’’ kata Nawari.

Setidaknya dibutuhkan waktu lebih dari empat jam untuk memadamkan api. Walau begitu, kepulan asap masih muncul dari reruntuhan bangunan. Senin (4/7), sekitar pukul 03.30 WIB, api muncul kembali di gudang tiner. Nawari langsung mengirimkan satu unit mobil PMK. Sekitar pukul 05.00 WIB, asap sudah tidak ada.

Saat ditinjau ke lokasi, terlihat garis polisi melintang di keenam gudang yang terbakar. Di gudang pemasok ikan yang berada di sekitar lokasi, tampak beberapa orang mengevakuasi stok ikan yang terbakar.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : eza/may/c6/any

Saksikan video menarik berikut ini: