alexametrics

Ada Anies dan Khofifah, Nama Capres Hasil Rakerda DPD PAN Surabaya

Zulhas di Posisi Teratas
5 Juli 2022, 12:05:50 WIB

JawaPos.com– Rapat kerja daerah (rakerda) DPD PAN Surabaya mengusulkan beberapa nama calon presiden (capres) 2024. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menempati peringkat teratas. Selain menteri perdagangan itu, ada empat tokoh lain yang diajukan.

Sekretaris DPD PAN Surabaya Juliana Evawati menyampaikan, Zulhas terpilih secara aklamasi sebagai capres. PAN juga merekomendasi nama lain sebagai capres-cawapres 2024. Mereka adalah Anies Baswedan, Khofifah Indar Parawansa, Hatta Rajasa, dan Erick Thohir.

”Rakerda juga sepakat mencalonkan Ketua DPW PAN Jawa Timur Ahmad Rizki Sadig sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur Jatim dalam pilkada mendatang,” tuturnya.

Menurut Jeje, sapaan akrab Juliana Evawati, usulan lima nama capres itu merupakan wujud demokrasi. PAN selalu memperhatikan suara partai di daerah. ”Daerah memiliki hak yang sama untuk menyuarakan pendapat,” ujarnya.

Terpisah, Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno menjelaskan, rakerda adalah simbol konsolidasi partai menjelang pemilu. Kegiatan itu dimajukan dari jadwal semula supaya partai bisa mendapatkan suara dari akar rumput. ”Tentang siapa nama-nama calon pemimpin yang diusung PAN, tentu nantinya bersama dengan koalisi di Pilpres 2024,” kata Eddy.

Dalam menghadapi Pemilu 2024, PAN mengubah pola konsolidasi internal partai. Sebelumnya, partai berlambang matahari terbit itu menggelar rapat kerja wilayah (rakerwil). Namun, kini prosesnya dibalik.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : sam/c17/aph

Saksikan video menarik berikut ini: