alexametrics

Remang-Remang Rawan Kejahatan, Revitalisasi 80 PJU Margomulyo

5 Juli 2019, 20:45:52 WIB

JawaPos.com – Suasana remang-remang di kawasan Margomulyo kerap dimanfaatkan mereka yang berniat jahat untuk melakukan aksinya. Karena itu, Pemkot Surabaya akan merevitalisasi PJU di sebelah utara exit toll agar kondisinya terang benderang.

Kepala Seksi Penerangan Jalan Umum (PJU) dari Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Bagyo Widodo menyatakan, saat ini revitalisasi PJU masih dalam tahap proses lelang. Mungkin sebulan mendatang baru ada penetapan pemenang.

Jika tidak ada kendala, dua bulan mendatang penggantian PJU bisa dimulai. Dia menjelaskan, ada 80 PJU yang nanti diganti. Semuanya terletak di sisi utara tol Margomulyo. ’’Semua PJU yang ada di sana diganti,’’ ujarnya kemarin siang (4/7).

Menurut Bagyo, selain redup, puluhan PJU di lokasi itu sudah aus. Terlebih yang berada di lajur barat atau jalan yang mengarah ke Osowilangun atau Kalianak. Di sana banyak kabel PJU yang kondisnya sudah tak layak. Buntutnya, PJU di sana suka padam.

Petugas memang langsung melakukan perbaikan, tetapi lampu tersebut padam kembali. Selain masalah kabel, beberapa kondisi tiang keropos. ’’Semua lampu akan kami ganti dengan LED biar lebih terang,’’ ulasnya.

Tak hanya mengganti, pihaknya juga akan mengubah penempatan PJU, khususnya yang ada di jalur timur menuju Tandes. Sebab, sekarang PJU di sana berada di pinggir jalan, bukan di median tengah jalan. Padahal, di area itu terdapat dua lajur timur dan barat. Revitalisasi yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 805 juta tersebut diharapkan bisa membuat masyarakat yang melintasi jalan itu merasa lebih nyaman dan aman.

Bagyo menambahkan, PJU tersebut juga diganti karena adanya laporan, baik warga maupun jajaran samping seperti polsek. Sebab, selama ini wilayah itu kerap dijadikan sasaran lokasi kejahatan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : omy/c22/tia



Close Ads