alexametrics

Mau ke Bali, Rombongan Guru TK-PAUD Se-Gresik Kecelakaan di Baluran

5 Juli 2019, 15:24:06 WIB

JawaPos.com – Nasib nahas menimpa rombongan wisata para guru TK-PAUD se-Kecamatan Gresik. Dua di antara lima bus yang mereka tumpangi dengan tujuan Bali kemarin sore (4/7) terlibat kecelakaan di Jalan Raya Baluran, Situbondo. Satu orang meninggal dunia. Puluhan penumpang luka-luka. Korban meninggal bernama Hj Masruchah, pengawas TK Dinas Pendidikan (Dispendik) Pemkab Gresik.

Informasi yang dihimpun, sekitar pukul 06.00, rombongan guru TK-PAUD itu berangkat dari Gresik menuju Pulau Dewata. Mereka naik lima bus. Kegiatan wisata tersebut merupakan acara perpisahan pengawas dan penilik sekolah. ”Karena yang bersangkutan memasuki pensiun,” ujar seorang guru TK yang ikut dalam rombongan.

Nah, selama perjalanan, lima bus berjalan beriringan dengan kecepatan sedang. Saat memasuki jalan raya hutan Baluran, sekitar pukul 16.00, ternyata ada truk yang remnya blong. ”Truk itu menabrak bus yang saya naiki. Lalu menabrak bus depannya lagi,” ujar perempuan berhijab tersebut.

Tabrakan frontal itu membuat truk terguling. Bus rombongan yang ditumpangi Masruchah mengalami rusak parah. Bus pun nyungsep ke pinggir jalan. Para penumpang lain tidak hanya mengalami luka-luka ringan. Mereka juga mengalami shock. ”Kami menunggu jemputan bus lain,” ujarnya.

petugas menyelamatkan sopir bus dengan menggunakan gerinda karena bagian depan mobil ringsek. (Dite Surendra/Jawa Pos)

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Gresik Mahin ketika dikonfirmasi Jawa Pos membenarkan musibah kecelakaan yang melibatkan guru, kepala TK-PAUD, dan jajarannya. ”Saya baru dapat laporan magrib tadi,” kata Mahin didampingi Sekretaris Dinas Nur Iman Sholeh.

Mahin mengatakan, rombongan itu merayakan perpisahan pengawas dan penilik sekolah dengan wisata ke Bali. Namun, Mahin tidak menyebut identitas penilik dan pengawas sekolah yang bakal memasuki masa pensiun tersebut. Yang jelas, buntut kejadian itu, pihaknya memerintahkan seluruh rombongan untuk balik ke Gresik. ”Tiga bus selamat saya minta untuk balik ke Gresik. Tidak melanjutkan perjalanan ke Bali,” tegasnya.

Dua bus yang terlibat kecelakaan, lanjut dia, sedang dicarikan pengganti bus. ”EO (event organizer, Red) saya minta carikan pengganti untuk membawa dua bus rombongan kembali ke Gresik,” tegasnya.

TRAGEDI: Mobil MPV yang ikut terlibat kecelakaan beruntun hancur gara-gara rem truk diduga blong. (Dite Surendra/Jawa Pos)

Data yang didapat Jawa Pos, kecelakaan di Baluran itu melibatkan empat kendaraan. Yakni, dua bus, satu truk yang memuat sembako, satu pikap, dan mobil MPV Suzuki Ertiga silver. Kecelakaan beruntun tersebut tidak hanya membuat bus rusak parah. Truk pun terguling dan MPV bernopol BP 1096 ME dalam kondisi hancur.

Dalam insiden ini, pengemudi MPV cukup lama terjepit kabin mobilnya yang ringsek. Semua korban sudah dilarikan ke rumah sakit. Yang pengendara Ertiga cukup parah, dibawa ke Rumah Sakit Blambangan Banyuwangi.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : yad/c25/hud



Close Ads