alexametrics

Pemkot Surabaya Perbanyak Beasiswa Khusus untuk Difabel

4 Desember 2019, 20:33:52 WIB

JawaPos.com – Beasiswa untuk penyandang disabilitas akan diperbanyak Pemkot Surabaya. Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menyebutkan, beasiswa untuk penyandang disabilitas memang masih sedikit. Bahkan, mereka harus bersaing dengan warga biasa untuk menerima beasiswa.

Whisnu menuturkan bahwa para penyandang disabilitas perlu diberi kesempatan untuk bisa berkiprah. Nah, pendidikan merupakan salah satu jalan yang membuat mereka bisa semakin punya kesempatan untuk bekerja dan mandiri. ’’Bisa jadi, beasiswa akan dikelompokkan sendiri. Ada kuota khusus untuk difabel. Bersaingnya jadi lebih baik,’’ jelas Whisnu setelah menjadi pembicara dalam seminar nasional di UINSA Surabaya kemarin (3/12).

Dalam seminar yang diadakan Fakultas Tarbiyah UINSA itu, Whisnu juga menceritakan kondisi pendidikan di Surabaya. Misalnya, pendidikan dasar yang gratis hingga berbagai program pendidikan untuk warga. Mulai beasiswa sampai pelatihan-pelatihan untuk warga tidak mampu. Mereka yang putus sekolah juga diberi kesempatan untuk mendapatkan pelatihan.

’’Ke depan tiap RT juga diberi tambahan Rp 100 juta. Saat ini, dengan dana kelurahan, tiap RW mendapatkan sekitar Rp 350 juta. Kalau ada 10 RT, berarti tiap RT dapat Rp 35 juta,’’ ungkap Whisnu. Dia menyebutkan, anggaran tersebut bisa digunakan untuk pelatihan dan peningkatan SDM warga Surabaya. Selain itu, APBD bisa lebih merata lagi.

Selain bicara soal program Pemkot Surabaya, dalam sesi tanya jawab, Whisnu menceritakan pengalamannya saat berkuliah di ITS. Salah satunya selalu memahami dulu filosofi sebuah mata kuliah dan kegunaannya kelak.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : jun/c15/ano


Close Ads